Tugas 1 Lingkungan Sekitar Vita Yulinda Arista Santi

Tugas 1 Lingkungan Sekitar Vita Yulinda Arista Santi

20 TAHUN HIDUPKU

Saya Vita Yulinda Arista Santi putri dari pasangan suami istri Kasan dan Siti Mustika Rini.Saya lahir di Kota Malang pada 20 tahun silam, tepatnya di kecamatan lawang yang hingga saat ini menjadi lingkungan tempat tinggal saya dan keluarga saya.Saya tinggal di jalan Indrokilo Utara, saya tinggal di tempat yang sederhana.Lingkungan tempat tinggal saya bukan termasuk daerah perkotaan, lingkungan tempat tinggal saya hanya lingkungan kampung pada umumnya.

Masa kecil saya, saya lewati di sini. Masa kecil saya sangat bahagia, sejak kecil saya sudah di manja maklumlah perbedaan usia antar kakak saya yang pertama lima belas tahun sedangkan dengan kakak sayang kedua tiga belas tahun. Hal tersebut membuat saya sedikit nakal dan egois.Saya termasuk bukan anak yang penurut, hobi saya ialah bermain dengan laki-laki, di rumah saya tidak memiliki teman perempuan, teman perempuan saya di rumah hanya ibu saya dan boneka Barbie kesayangan saya hingga saat ini.Dulu saying menganggap teman perempuan itu ribet, suka nangis dan suka lapor orang tua jika bertengkar, oleh karena itu saya lebih memilih bermain dengan bermain dengan laki-laki.

Sejak kecil saya mempunyai teman laki-laki natau yang bisa di katakan sebagai sahabat hingga saat ini, namanya Dhoni.Kami bersahabat dari kecil hingga saat ini.Dhoni bukan sekedar sahabat atau teman bagi saya, tapi Dhoni sudah seperti saudara saya sendiri.Sejak kecil kami selalu bermain bersama, kami pergi memancing, main laying-layang, main kelereng bahkan main sepak bola.Hal itulah yang membuat saya semakin tomboy waktu itu.Hal itu juga yang membuat orang tua saya kuramng suka jika saya bermain dengan laki-laku.Tapi itulah saya waktu itu, saya merasa lebih nyaman saat bermain dengan laki-laki daripada dengan perempuan. Hal tersebut berlangsung hingga saat saya memasuki Sekolah Dasar.

Gambar saya dan Dhoni sahabat saya di lingkungan tempat tinggal saya

Akan aku ceritakan hubungan diriku dengan lingkungan sekitarku berdasarkan periodisasi sebagai berikut.

Periode Masa Kanak-kanak

Masa kanak-kanak ku sangat bahagia, aku mempunyai orang tua, keluarga dan teman-teman yang semua saying padaku.Aku melewati pendidikan Taman Kanak-kanak ku di TK Rian Dharma Wanita Patal Lawang. TK Rian Dharma Wanita Patal Lawang ini merupakan Taman Kanak-kanak bentukan PT. Industri Sandang Nusantara, sebuah perusahaan  dimana tempat ayahku bekerja waktu itu. Saya masuk Taman Kanak-kanak pada tahun 1998,dimana di Indonesia sedang terjadi krisis moneter dan kisruh pemaksaan penurunan presiden Soeharto dari jabatannya sebagai presiden. Karena adanya krisis monreter ini kehidupan keluarga saya saat itu bias di bilang cukup ya kurang, bila di bilang kurang ya cukup karena orang tua tidak sampai berhutang untuk mencukupi kebutuhan keluarga saat itu. Untungnya pendidikanku di Taman Kanak-kanak waktu itu  di tanggung perusahaan tempat dimana ayahku bekerja karena di perusahaan tersebut terdapat tunjangan pendidikan untuk anak dari karyawan Pt Industri Sandang Nusantara.

Masa Taman Kanak-kanak saya sangat bahagia, saya mempunyai teman yang banyak. Lingkungan Taman Kanak-kanak saya bias di bilang cukup aman karena terletak di lingkungan perumahan PT Industri Sandang Nusantara (perumahan untuk karyawan). Letak Taman kanak-kanak saya tidak jauh dari lingkungan rumah saya.Taman Kanak-kanak saya tersebut jauh dari jalan raya sehingga aman untuk anak-anak.Lingkungannya pun sangat kondusif karena jauh dari kebisingan sehingga sangat cocok untuk kegiatan belajar mengajar. Di lingkungan sekolah Taman kanak-kanak saya hamper sama seperti Taman kanak-kanak pada umumnya, yakni terdapat mainan seperti ayunan, seluncuran, jungkat jungkit dan lain sebagainya.

Masa Taman Kanak-kanak saya saya lalui selama dua tahun.Sebelum dua tahun sebenarnya saya sudah di perbolehkan jika ingin masauk ke Sekolah Dasar karena saat itu saya sudah pandai membaca, mengingat syarat untuk masuk Sekolah Dasar saat itu yakni seorang anak harus sudah bias membaca.Namun saya menolak dengan berbagai alas an, alas an utamanya yaitu saya masih ingin bersekolah di Taman Kanak-kanak, selain ituteman saya, Lilia masih belum di perbolehkan untuk masuk Sekolah Dasar.Oleh karena itu saya enggan untuk langsung masuk ke Sekolah Dasar. Setelah dua tahun saya lu;lus Taman Kanak-kanak dan melanjutkan ke sebuah sekolah dasar yang tk jauh dari tempat tinggal saya.

Photo4290

Gambar lingkungan Taman Kanak-kanak saya

Periode Masa Sekolah Dasar

Periode sekolah dasarku saya lalui di SDN Kalirejo 03 Lawang.Sebuah SD yng letaknya tidak jauh dari tempat tinggal saya.Sd yang beralamat di Jl Indrokilo Utara no 41 ini terdapat di lingkungan perkampungan yang tidak cukup ramai meskipun terdapat tepat di pinggir jalan yang cukup besar sehingga sangat baik di gunakan sebagai tempat kegiatan belajar mengajar. Di Sekolah Dasar tersebut saya memiliki banyak teman, salah satunya Erik, Erik merupakan sahabat terbaik saya selain Dhoni dan Lilia.Saya bersahabat dengan Erik berawal karena seringnya berantem di dalam kelas, pernah suatu saat kita di keluarkan berdua dari kelas karena pukul-pukulan di dalam kelas saat pelajaran matematika berlangsung.Namun kenakalan tersebut tidak mengurangi prestasi belajar kami saat itu, kami bertiga, saya, Lilia, dan Erik selalu bergantian menjadi bintang kelas. Nilai kami selalu saja beda tipis. Tepat saat Ujian Nsional tingkat Sekolah Dasar saya harus rela di kalahkan musuh saya sekaligus sahabat satya dengan puas hanya menjadi juara kedua setelah Erik.Saya lulus Sekolah Dasar pada tahun 2005 dengan hasil yang memuaskan meskipun hanya mendapat gelar juara kedua.

Foto1444

Gambar Lingkungan Sekolah Dasar saya.

Periode Sekolah Menengah Pertama

Saya melalui pendidiakn menengah pertama di SMP Negeri 1 Lawang yang beralamat di Jalan Sumber Taman no 50 Lawang ini. Lagi-lagi saya, Lilia, dan Erik berada pada satu sekolah yang sama, namun kami bertiga berbeda kelas. Lingkungan Sekolah Menengah Pertama saya sangatlah nyaman karena jauh dari kebisingan jalan raya, sekolah saya berada di daerah perkampungan yang lumayan jauh dari jalan raya sehingga nyaman untuk kegiatan belajar mengajar. Di Sekolah Menengah Pertama ini saya kembali menemukan teman-teman baru,, salah satunya Yoga, musuh sekaligus teman saya waktu itu. Dia sangatlah menyebalkan karena hobinya meledek nama ayah saya dan hal itu sangat tidak saya sukai. Meskipun demikian kami tetap berhubungan dengan baik, dan hal tersebut berlangsung hingga saat kami lulus SMP, dan hingga saat ini, tentunya dengan tidak meledek nama orang tua lagi.Saya lulus Sekolah Menengah Pertama tahun 2008 dengan hasil yang kurang memuaskan berbeda saat waktu sekolah dasar waktu itu. Saya lulus Sekolah Menengah Pertama dengan hasil yang pas-pasan karena saya waktu itu mals belajar, saya lebih suka baca komik daripada baca buku.Oleh karena itu nilai Ujian Akhir Nasional tingkat Sekolah Menengah Pertama saya kurang memuaskan.

anesa

Gambar Sekolah Menengah Pertama saya

Periode Sekolah Menengah Atas

Masa pendaftaran siswa baru merupakan masa-masa yang kurang baik bagi saya, dimana saya harus harap-harap cemas untuk di terima di sekolah favorit pilihanku.Meski nilai Ujian Nasional Sekolah Menengah Pertamaku pas-pasan namun aku memberanikan diri untuk daftar di sekolah favorit pilihanku.Dan syukurlah aku dapat di terima di sekolah tersebut, sekolah Menengah Atas pilihanku waktu itu adalah SMA Negeri 1 Lawang, yang merupakan salah satu sekolah negeri terfavorid di Lawang, dan aya bersyukur dapat di terima disana.Saya diterima di SMA Negeri 1 Lawang pada tahun 2008 di kelas X-3.SMA yang beralamat di Jalan Pramuka no 50 ini termasuk sekolah yang sangat nyaman karena lingkungan sekoalh saya tidak jauh dengan jalan raya, namun juga tidak terlau dekat.Hal ini memungkinkan orang dapat menjangkau sekolah saya dengan mudah.Di sini saya kembali memiliki teman-teman baru, dan lagi-lagi Lilia satu sekolah denganku, namun tidak dengan Erik.Di awal pembelajaran di sekolah saya kali itu sedang mengadakan program baru yaitu moving class.Jadi setiap ganti pelajaran para siswa harus berpindah tempat menuju kelas mata pelajaran masing-masing.Moving class di SMA Negeri 1 Lawang atau yang lebih di kenal dengan SMANELA merupakn program baru selain kelas akselerasi atau kelas percepatan.Moving class mengadaptasi sistem di Universitas dimana tiap mata kuliah memiliki kelas masing-masing, sama dengan yang di terapkan sekolahku waktu ityu, jadi tiap mata pelajaran memiliki kelas sendiri-sendiri. Namun program moving class ini kurang berhasil, menurut saya memang belum tepat moving class di laksanakan di sekolah karena pada dasarnya sekolah dan perguruan tinggi itu berbeda karena di sekolah seorang siswa menerima pelajaran full time, dari jam tujuh hingga jam satuan. Berbeda dengan di perguruan tinggi yang tidak full time seperti di sekolah. Kalau di sekolah di terapkan sama dengan yang ada di Universitas seperti itu bisa-bisa waktunya habis hanya untuk pindah-pindah kelas bahkan tak jarang banyak siswa yang terlambat. Belum lagi jika guru berhalangan hadir, kami sering kali terlantar karena tidak memiliki kelas. Hal ini tak jarang dapat menggangu kelas yang lainnya. Mungkin dengan berbagai pertimbangan tersebur akhirnya program moving class di tiadakan saat saat semester dua sehingga sejak saat itu kami memiliki kelas yang tetap dan tidak perlu bingung lagi mencari kelas tiap berganti mata pelajaran.

Saat kenaikan kelas saya di terima di jurusan IPS tepatnya di kelas XI-Is 1. Dikelas tersebut saya kembali memiliki teman-teman baru. Tak terasa sudah tiga tahun saya bersekolah di SMA Negeri 1 Lawang ini, setelah menempuh ujian kami semua di nyatakan lulus. Saya lulus pada tahun 2011. Saya menunda kuliah selama satu tahun karena suatu hal. Hingga tahun ajaran baru 2012 tahun ini saya mencoba mendaftarkan diri di Universitas Negeri Malang, dan saya di terima di jurusan Pendidikan S1 Tata Busana.

Gambar saya dan teman-teman saya semasa Sekolah Menengah Atas

 smanela

Gambar lingkungan SMA ku

Periode Perguruan Tinggi

Di tahun ajaran 2012 aku mendaftarkan diri di Universitas Negeri Malang, saya mengambil program Pendidikan Guru Sekolah Dasar dan Pendidikan Tata Busana. Dan say diterima di pilihan kedua yakni Pendidikan Tata Busana. Pada awalnya saya kira Pendidikan Tata Busana hanya menggambar-menggambar saja tanpa harus membuat pakaian dan lain sebagainya. Namun saya salah ternyata selain di ajari menjadi guru namun juga di ajara menjadi entrepreneur. Awalnya saya agak kaget, maklumlah karena saya tidak pernah menjahit sama sekali apalagi harus menghasilkan baju.Awalnya saya menyesal dan protes terhadap keadaan kenapa saya memilih jurusan yang kurang sesuai dengan saya.Namun lama-lama saya berfikir untuk tetap menjalaninya karena ini merupakan pilihan-pilihan saya sendiri.Hingga hampir satu semester ini saya menjalani aktivitas sebagai mahsiswa dengan prinsip jalani saja, mungkin jurusan Tata Busana ini adalah yang terbaik buat saya. Saat saat berada di Universitas Negeri Malang sangat berbeda dengan ketika saya berada di Sekolah Dasar, Sekolah Menengah, maupun Sekolah atas yang terdapat banyak teman laki-laki, karena di Universitas Negeri Malang khususnya jurusan Tata Busanan ini saya tidak memiliki teman laki-laki sama sekali dalam satu kelas, dalam satu kelas yang jumlahnya 30 lebih semuanya adalah perempuan. Awalnya saya kurang suka karena sejak kecil saya sudah biasa berteman dengan laki-laki, namun saat perguruan Tinggi saya sama sekali tidak memiliki teman laki-laki sama sekali. Awalnya saya kurang bisa menyesuaikan diri dengan keadaan tersebut, namun setelah hampir satu semester kita bersama terus dalam satu kelas saya sudah mulai bisa menyesuaikan diri. Di sini aku mulai menemukan keluarga baru.

 

Tentang k3tium

sehat dan bersemangat
Pos ini dipublikasikan di BuS1A12-VitaYulinda, Dwi Astuti Sih Apsari. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

