” Tugas 3 Serba-Serbi K3 “

nama: ika faizzatur rosyidah

offering: A

nim: 120544433492

Jenis tugas: Serba serbi k3 (alat pelindung diri)

Alat pelindung diri

Dalam dunia industri sering sekali kita jumpai kecelakaan dalam bekerja, baik dalam skala kecil maupun besar. Untuk itu kita harus mengantisipasinya dengan menggunakan alat pelindung diri (APD) yang harus digunakan pada industri-industri untuk meminimalisir terjadinya kecelakaan dan kerugian yang akan di tanggung oleh perusahaan tersebut itu sendiri karena ketidak hadiran pekerja yang mengakibatkan keterhambatan dalam proses produksi dan produksi tidak mencapai target yang diinginkan.

Alat Pelindung Diri (APD) adalah kelengkapan yang wajib digunakan saat bekerja sesuai bahaya dan risiko kerja untuk menjaga keselamatan pekerja itu sendiri dan orang di sekelilingnya.disini saya akan membahas tentang alat pelindung diri (APD) yang harus digunakan pada industri-industri yang mana dapat mengakibatkan terjadinya kecelakaan dalam bekerja.

Pada industri busana alat pelindung diri yang wajib digunakan adalah:

Penerapan k3 dalam industri busana ssangatlah kurang, karena para pekerja berfikir apa yang dikerjakannya tidak menimbulkan resiko sehingga pereka tidak memerlukan alat pelindung diri pada saat bekerja, namun sebenarnya apa yng mereka fikir itu tidak benar. Dalam industri busana ini tentunya berhubungan dengan bahan-bahan tekstil yang terbuat dari serat-serat alami maupun buatan, contohnya saja kapas,jika kita sering menghirup udara yang sudah terkontaminasi dengan serabut kapas efeknya adalah kita mennjadi sesak nafas, yang apabila berkepanjangan dapat menggenggu sisitep pernafasan dalamm paru-paru. Berikut adalah alat pelindung diri yang sesuai dikenakan dalam industri busana untuk meminimalisir kecelakaan dalam bekerja:

 

 

a)      Penutup kepala

Penutup kepala ini digunakan agar rambut tidak mengenai atau mengganggu penglihatan pada daerah sekitar wajah. Namun biasanya dapat digantikan cukup dengan menali atau mengepang rambut dengan baik, agar rambut tidak menutupi wajah dan mengganggu penglihatan. Bagi pekerja wanita yang berjilbab tidak perlu memakai penutup kepala ini,karena jilbab dapat mengganntikan peran penutup kepala ini. Namun dalam berjilbab juga terdapat aturan-aturan,sebaiknya kita mengenakan jilbab yang simple atau praktis, karena kalau dalam memakai jilbab kita ribet, maka akan mengganggu dalam proses bekerja kita,lebih disarankan memakai jilbab yang bisa langsung pakai.OLYMPUS DIGITAL CAMERA

b)      Masker

Masker ini digunakan untuk menyaring udara yang kita hirup supaya tidak tercampur dengan debu-debu yang diakibatkan dari limbah kain maupun yang lainya. Dikarenakan pada tumpukan-tumpukan kain mengandung debu-debu yang apabila kita hirup dapat mengakibatkan sesak nafas dan jika berlangsung dalam waktu yang lama akan mengganggu sistem pernafasan yang berhubungan langsung dengan paru-paru kemungkinan yang lebih parah lagi,karena debu-debu yang masuk dalam organ tubuh kita menumpuk semakin banyak, karena kita melakukan proses ini tidak hanya dalm jangka waktu sehari atau dua hari, namun selama kita masih bekerja dalam bidang ini, resiiko terkena penyakit ini juga banyak, maka dari itu kita harus mengantisipasinya.

c)      Penutup telinga

Digunakan pada industri busana dalam skala besar, dikarenakan tingkat kebisingan yang ditimbulkan akibat mesin-mesin semakin tinggi dari industri busana kecil. Bahaya yang ditimbulkan akkibat kebisingan adalah tuli sementara dan tuli yang berkelanjutan karena kerusakan gendang telinga akibat suara-suara yang terlalu keras.Untitled 2

d)     Tudung jari atau bidal

Alat pelindung diri (APD) ini biasa dianggap remeh namun pada kenyataannya alat ini sangat penting untuk melindungi tangan khususnya jari-jari kita dari tancapan jarum mesin maupun jarum pentul yang sering kita gunakan dalam proses jahit-menjahit.

e)      Sandal atau sepatu karet

Berfungsi untuk melindungi kaki dari benda-benda tajam yang kemungkinan berserakan dilantai,misalnya jarum pentul. Selain itu juga dlam kita berjalan tidak licin dan terjatuh, dan yang paling penting adalah melindungi kita dari sengatan arus listrik yang diakibatkan dari mesin yang kita gunakan (apabila mesin menggunakan dinamo).JualAnekaAlatPelindungDiriMurahBerkualitasGoliath4LeatherSafetyShoes

f)       Clemek

Digunakan untuk menutupi baju kita supaya tidak ada sisa-sisa benang yang menempel pada diri kita.

Selain semua yang dicantumkan diatas,posisi duduk dan jarak pandang kita juga masuk dalam k3, jadi usahakan kita mencapai posisi duduk yang sesuai dengan tubuh kita (egronomi), dan mengatur jarak pandang agar mate tidak gampang lelah dan rusak. Jika mata sudah dalam kondisi lelah sebaiknya hentikan pekerjaan sejenak supaya mata tidak terlalu lelah dan tidak mengakibatkan sakit pada mata yang permanen, selain itu asupan gizi juga harus dijaga,seperti sering-seringlah makan wortel yang banyak mengandung vitamin A yang baik untuk kesehatan mata.

 

Alat pelindung diri yang digunakan pada tata boga adalah:

Seringkali kita berfikir bahwa pekerjaan dalm bidang boga ini tidak membutuhkan alat pelindung diri selayakya pada pekerjaan-pekerjaan yang lain, meski sedikit resiko kecelakaan yang terjadi namun kita harus memperhatikan hal sekecil apapun yang kemungkinan akan terjadi terhadap hidangan yang kita hidangkan pada pelanggan,karena sedikit saja kesalahan yang kita buat akan menimbulkan kerugian bagi diri kita dan membuat pelanggan merasa kecewa, karena kita bekerja dalam bidang jasa, berikut adalah alat pelindung diri yang sesuai dikenakan pada industri boga:

 

  1. Penutup kepala

Fungsi dari penutup kepala ini hampir sama dengan fungsi penutup kepala yang digunakan pada industri busana, selain itu fungsi dari penutup kepala ini juga agar rambut tidak jatuh dalam makanan yang disajikan tanpa kita ketahui. Selain  konsumen mennganggap bahwa makanan yang kita sajikan tidak higenis juga dapat menimbulkan beralihnya atau menghilangnya pelanggan karena tidak puas terhadap apa yang telah kita kerjakan.

  1. Aproun atau clemek

Aproun ini berfungsi untuk melindungi baju kita agar terhindar dari kotoran akibat bahan-bahan dapur, sehinggga baju yang kita gunakan tetap bersih.

  1. Sarung tangan

Sarung tangan yang sering digunakan pada tata boga adalah sarung tangan plastik maupun karet. Sarung tangan ini digunakan untuk menjaga tangan kita agar tetap bersih dan agar bakteri-bakteri dalam bahan makanan yang kita gunakan tidak bercampur dengan bakteri yang ada di tangan kita maupun bahan lain, maka dari itu   kita harus sering-sering mencuci tangan maupun mencuci sarng tangan yang kita gunakan supaya bakteri bakteri tidak bercampur dan mengakibatkan sakit pada pelanggan yang memakannya.

  1. Sepatu karet

Sepatu karet ini digunakan untuk melindungi kaki kita akibat lantai dapur yang licin akibat air yang tumpah maupun minyak.

Dalam bidang ini selalu sediakan plester dalam dapur untuk mengantisipasi apabila terjadi kecalakaan kerja. Karena sewaktu-waku memungkinkan kita untuk terjadi kecelakaan,kita tidak perlu menyiapkan kota p3k dalam dapur, karena kemungkinan bahaya yang ditimbulkan akibat masak-memasak ini adalah jari teriris pisau yang memungkinkan kita hanya membutuhkan plester untuk menutupi luka kita yang sebelumnya sudah di bersihkan dengan air yang mengalir.

 

Sedangkan alat pelindung diri yang digunakan dalam dunia teknik mesin adalah:

Dalam proses bubut:

Seperti yang kita ketahui bahwa proses bubut ini adalah pekerjaan yang tidak sederhana dan banyak bahaya pula yang dapat ditimbulkan akibat pekerjaan ini, bahwasannya dalam pekerjaan ini kita dituntut untuk berkecimpung dengan material-material logam yang mana tidak baik untuk kesehatan, selain itu proses dalam bubut juga mengandung resiko kecelakaan dalam bekerja, berikut adalah alat pelindung diri yang sesuai di kenakan dalam proses bubut:

  1. Katelpak atau baju pelindung

Katelpak ini digunakan agar bahan yang kita buat tidak mengotori atau memercik pada diri kita langsung. Dan baju yang kita kenakan tetap bersih.selain itu baju pelindung atau katelpak yang kita gunakan juga dapat digunakan sebagai identitas suatu perusahaan. Baju ini terbuat darai kain yang mudah menyerap keringat atau higrokopis,sehinnga pekerja tidak merasa gerah saat mengenakan katelpak ini.safety_work_wear_work_coverall_uniform_A03

  1. Kaca mata bubut

Kaca mata ini digunakan untuk melindungi mata kita agar tidak terkena oleh bahan-bahan yang kita bubut. Bahwasanya sudah kita ketahui bahwa bahan-bahan material yang digunakan dalam dunia mesin adalah logam, yang bilamana terkena mata kita akan mengakibatkan sakit pada mata yang tidak biasa..

  1. Sarung tangan

Sarung tangan ini digunakan agar tangan kita tidak tidak terluka oleh bahan-bahan yang diolah tadi, selain itu juga agar tangan tidak menyentuh bahan secara langsung, agar senyawa-senyawa logam tidak masuk pada tangan kita. Sarung tangan ini terbuat dari kain yang cara pengerjaanya daengan cara dirajut, sehinnga sarung tangan tampak tebal namun mudah meresap air maupun keringat,sehingga tidak mengganggu kita dalam bekerja.heat-resistant-gloves-warmb-000023293-4

  1. Masker

Masker ini digunakan untuk menyaring udara yang kita hirup supaya tidak tercampur dengan debu-debu maupun bahan-bahan logam yang sedang kita kerjakan. Karena partikel-partikel logam berbahaya bagi tubuh maupun kesehatan manusia. Jika kita terlalu sering menghirup partikel-partikel logam dan semacamnya, itu akan menimbulkan sesak nafas yang berbeda dari sesak nafas pada umumnya, karena bahan yang kita hirup mengandung bahan-bahan yang berat.Masker RS

  1. Sepatu safety

Sepatu ini digunakan agar kaki kita aman dari tusukan-tusukan jarum paku yang berserakan dilantaai, melindungi kaki dari jatuhnya benda-benda dari atas agar tidak langsung mengenai kaki. Selain itu juga agar tidak mudah terpeleset akibat oli yang berserakan dilantai maupun tersengat aliran listrik akibat alat-alat yang kita gunakan berhubungan dengan listrik.88842_kingkwd805c

 

Sedangkan dalam proses las adalah:

Dalam proses las sering sekali kita jumpai para pegawai tidak menaati peraturan yang telah di terapkan dalam perusahaan, mereka sering kali kita jumpai tidak memakai alat pelindung diri dengan alasan risih atau ribet. Padahal sebenarnya apa yang mereka kerjakan sangat berbahaya karena berhubungan langsung dengan listrik dan api, berikut adalah alat pelindung diri yang sesuai dalam proses las:

 

  1. Katelpak atau baju pelindung

Katelpak ini selain berfungsi untuk menutupi baju agar tidak kotor juga berfungsi sebagai pelindung kulit agar tidak terpercik oleh bunga api yang di akibatkan dalam proses las. Meski terlihat sederhana namun fungsi katelpak ini juga segnifikan,selain sebagai alat pelindung diri (APD) tetapi biasanya juga digunakan sebagai identitas perusahaan.

  1. Topeng las

Topeng ini berbeda dengan topeng yang sering kita jumpai, topeng ini terbuat dari tembaga yang terdapat kaca pada bagian mata yang gunanya untuk melihat bahan yang sedang di las. Topeng ini sangat penting bagi pekerja yang menggunakan las, karena percikan api yang ditimbulkan oleh las lumayang besar dan warna api yang terang menyala memungkinkan membuat mata kita sakit,terlebih lagi jika bunga api memercik pada bagian wajah khususnya mata,akan memungkinkan terjadinya kebutaan.

  1. Sarung tangan las

Penggunaan sarung tangan pada saat proses las juga penting, sarung tangan ini berfungsi untuk melindungi tangan dari percikan bunga api yang ditimbulkan pada saat proses las. Disamping itu sarung tangan ini juga berguna agar tangan kita tidak panas akibat alat las yang kita pakai, karene sarung tangan ini terbuat dari bahan yang tidak dapat mengalirkan aliran listrik maupun menghanatrkan panas.

  1. Sepatu safety

Penggunaan sepatu ini tidak jauh berbeda dengan penggunaan sepatu dalam proses bubut. digunakan agar kaki kita aman dari tusukan-tusukan jarum paku yang berserakan dilantaai, melindungi kaki dari jatuhnya benda-benda dari atas agar tidak langsung mengenai kaki. Selain itu juga agar tidak mudah terpeleset akibat oli yang berserakan dilantai maupun tersengat aliran listrik akibat alat-alat yang kita gunakan berhubungan dengan listrik, dan terhindar dari percikan api yang ditimbulkan akibat proses las.

  1. Penutup telinga

Penutup telinga ini juga penting digunakan dalam proses las karena suara yang diakibatkan dalam proses las sangat bising dan dapat mengganggu pendengaran kita. Akibat yang ditimbulkan adalah tuli sementara akibat suara yang bising, untuk menjaga gendang telinga kita harus memakai penutup telinga ini.

 

Penerapan alat pelindung diri (APD) pada jurusan elektro adalah:

 

Elektro adalah jurudan yang bergerak dalam bidang komputer, meskipun kita sering mengabaikan kecelakaan yang akan terjadi karena menganggap sepele, namun sebenarnya bahaya yang ditimbulkan tidak sesederhana dengan apa yang kita pikirkan. Berikut adalah alat pelindung diri yang sesuai untuk jurusan elektro:

 

  1. Kaca mata

Kaca mata ini digunakan untuk menghindari sinar yang terdapat pada layar komputer karena kita terlalu lama bekerja didepan layar yang dapat mengakibatkan mata sakit bahkan kerusakan pada mata. Bila mata sudah terasa lelah, sebaiknya hentikan dulu pekerjaan di depan layar komputer dan beristirahat sebentar untuk menjernihkan fikiran dan merileksasikan mata supaya tidak sakit.KY1153

  1. Separtu karet

Sepatu ini digunakan agar pekerja tidak mengalami kecelakaan kerja yaitu tersengat aliran listrik, karena komputer berhubungan langsung dengan listris alangkah lebih baik para pekerja atau yang menggunakan komputer mengenakan sepatu yang terbuat dari karet, karena karet tidak dapat menghantarkan aliran listrik, jadi meminimalisir terjadinya kecelakaan kerja akibat tersengat aliran listrik yang mana akan merugikan kita sendiri maupun pihak perusahaan.

 

 

 

 

Tentang k3tium

sehat dan bersemangat
Pos ini dipublikasikan di BuS1A12-IkaFaizzaturRosyidah. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s