Tugas-1 Lingkungan Sekitarku

LINGKUNGAN SEKITARKU

21 TAHUN HIDUP DI KOTA MALANG

 

Malang kota bunga  , nama itu adalah merupakan julukan kota malang , kota yang asri , rindang , indah , nyaman , dan berhawa sejuk  . kota merupakan kota kecil dan dikenal juga sebagai kota pendidikan yang berhawa sejuk .

Saya dilahirkan dikota ini 21 tahun yang lalu di sebuah rumah sakit bersalin dikota malang dan bertempat tinggal dibagian selatan kota malang. Saya dibesarkan dengan keluarga yang sederhana dan menyenangkan.lingkungan tempat tinggal saya  merupakan tempat tinggal yang ramah dan saling toleransi antar sesamanya . tempat tinggal saya berdekatan dengan sekolah , pabrik dan bengkel motor sehingga lingkungan tempat  suasana tinggal saya lebih kondusif ketika malam hari.

Tahun 1995 saya mulai bersekolah di tk dekat rumah saya disebuah TK sederhana yang dapat ditempuh dengan beberapa menit berjalan kaki dan tempatnya terletak tepat disamping sebuah panti asuhan . disana saya mendapatkan banyak teman dan guru-guru yang baik dan berpotensial . setiap ada hari khusus sekolah saya membuat acara seperti karnaval dan kerja bakti. Kegiatan-kegiatan tersebut merupakan kegiatan tahunan disekolah saya.seperti ketika ada hari kemerdekaan para murid disuruh bekerja bakti membersihkan lingkungan sekolah  seperti memunguti sampah , membuat dekorasi ruangan kelas agar tampak indah. Disekolah tk saya para murid setiap harinya mendapatkan makanan bergizi dan susu dan  setiap 6 bulan sekali para murid juga mendapatkan imunisasi agar tetap sehat dan aktif bersekolah. Setiap hari jumat para siswa diajak untuk melakukan berbagai olahraga, seperti melakukan jalan sehat dipagi hari , melakukan senam bersama-sama , berenang  serta melakukan outbound diluar sekolah. Tidak hanya melakukan kegiatan olahraga , para murid juga beberapa kali diajak kesebuah stasiun radio yaitu RRI , disana kami disuruh untuk bernyanyi bersama-sama dan membaca puisi.

Tahun 1997 saya beranjak memasuki sekolah dasar. Sekolah saya terletak berdekatan dengan alun-alun kota dan sebuah masjid pusat di kota malang. Sekolah saya juga bersebelahan dengan sebuah hotel tua di kota malang dan pusat kantor pos. Lingkungan sekitar sekolah dasar saya merupakan sekitar perkotaan kota malang sehingga banyak kendaraan yang berlalu-lalang melewati depan sekolah saya. Dulu tidak banyak kendaraan yang dipakai sehingga udara masih segar dan nyaman untuk dihirup. Pengalaman di sekolah dasar sangat berkesan , saya mendapatkan banyak teman-teman yang baik dan ramah serta guru-guru yang baik. Banyak sekali kegiatan-kegiatan menarik yang dilakukan di lingkungan sekolah.  seperti melakukan senam SKJ-2000 setiap pagi , melakukan upacara bendera setiap hari senin dan juga melakukan kerja bakti atau yang biasa disebut jumat bersih yang dilakukan hari jumat  pagi sebelum memulai aktifitas belajar.  

Biasanya upacara bendera dilaksanakan pada jam 07.00, para murid sudah membuat barisan rapi dan memulai upacara dengan hikmat dan tenang , pakaian yang dikenakan juga harus rapi dan lengkap , seperti mengenakan topi , sabuk hitam , dasi , beth lokasi  serta kaos kaki putih melebihi mata kaki. Biasanya juga terdapat murid yang menjadi  petugas kesehatan yang  selalu siap membantu murid-murid yang sedang sakit ataupun pingsan saat upacara berlangsung.  Petugas kesehatan dibagi menjadi 2 berjaga dibelakang barisan upacara serta bejaga didalam UKS. Saya juga pernah berkesempatan menjadi petugas kesehatan saat kegiatan upacara senin berlangsung. Yang saya lakukan mengantarkan siswa yang sedang sakit ke UKS lalu teman saya bergantian merawat murid yang sedang sakit.

Kegiatan senam pagi pun juga menjadi rutinitas sekolah saya saat pagi hari saat udara masih segar , kegiatan itu dilakukan karena agar para murid menjadi lebih sehat dan lebih bersemangat saat menjalani kegiatan pembelajaran . saya dan teman – teman saya selalu datang jam 07.00 dan mengikuti senam pagi. Senam pagi dilakukan semua siswa disekolah tak terkecuali para guru , staf TU , maupun kepala sekolah dengan dibantu seorang instruktur senam .

Tidak hanya kegiatan senam yang dilakukan disekolah dasar saya tetapi juga ada kegiatan jumat bersih yang dilaksanakan setiap hari jumat pagi , terkadang para siswa disuruh membawa peralatan kebersihan dan membawa masker atau sarung tangan . ketika itu saya kebagian membawa alat kebersihan berupa sapu lidi , masker dan sarung tangan . saya membersikan halaman depan kelas . murid-murid yang lain pun juga mendapat bagian memebersihkan setiapa bagian sekolahan , seperti pada bagian dalam kelas mereka menyapu dan membersihkan kaca , pada bagian kamar mandi mereka mebersihkan wastafel dan menyikat porselen .

Disekolah saya juga terdapat berbagai kegiatan ekstrakulikuler yang sangat menarik , seperti menjadi anggota PMR , PRAMUKA , Menari , Angklung dan lain-lain . saya memilih mengikuti kegiatan ekskul menari dan angklung dan saat saya  menginjak kelas 4 SD kegiatan ekstrakulikuler PRAMUKA diwajibkan untuk diikuti semua siswa . keitika saya mengikuti kegiatan ekstrakulikuler PRAMUKA saya mendapat banyak pengalaman yang belum saya ketahui , seperti mendirikan tenda dan menjaga  kekompakan anatara sesama teman . kegiatan itu juga mengajarkan saya dan teman-teman yang lain tentang menjaga kesehatan serta  keselamatan saat berada dialam bebas . sehingga saya tahu bagaimana bersikap tanggap saat berada si alam bebas.

Tahun 2003 saya melanjutkan kejenjang pendidikan selanjutnya , saya diterima di SMP Negri dikota malang yang berdekatan dengan pasar pusat dikota malang . luar lingkungan sekolah smp saya terbilang kurang kondusif dibanding dengan sekolah yang pernah saya tempati sebelumnya . diluar lingkungan sekolah saya lingkungannya tidak terlalu tepat untuk para siswa di karena berdekatan dengan pasar yang terbilang bersuasana ramai , kebersihan di pasar juga kurang kondusif sehingga terkadang saya dan murid – murid yang lain mencium aroma yang kurang baik untuk dihirup . jika di luar sekolah lingkungan kurang kondusif maka berbeda saat berada di dalam sekolah . lingkungan di dalam sekolah saya sangat bersih , nyaman , dan indah . disana terdapat tanaman yang tertata rapih dan indah . sehingga murid – murid merasa nyaman dan bersemangat saat belajar . tidak hanya suasana di sekolah saya yang indah dan nyaman tetapi disana juga diterapkan sifat  3S yaitu Senyum , Sapa , Salam . sifat itu diterapkan saat para murid sudah menjadi bagian dari sekolah yang saya tempati . tidak hanya itu guru – guru disekolah saya juga sangat cekatan dalam mengajarkan pelajaran sehingga murid – murid dapat mengikuti pelajaran dengan baik dan tertib . berbagai kegiatan yang dilakukan sekolah saya sangatlah beragam dimulai dari jalan sehat pada saat merayakan hari jadi sekolah , mengadakan bakti sosial ke sebuah panti asuhan , membuat berbagai lomba seperti perlombaan bersih kelas yang diikuti setiap kelas dari kelas satu sampai tiga , juga lomba membuat kaligrafi . di sekolah saya juga terdapat ekstrakulikuler yang tidak kalah menarik yaitu ekstrakulikuler musik , paduan suara , menari , pramuka , pmr , serta bdi (badan dakwah islam) . saya mengikuti ekstrakulikuler menari dan pmr . pmr merupakan kegiatan ekstrakulikuler yang baru petama kali saya ikuti . itu merupakan kegiatan baru yang saya ikuti . banyak pengetahuan tentang bagaimana cara memberi pertolongan pertama terhadap orang yang mengalami kesehatan . dalam kegiatan itu juga diajarkan sikap siaga jika kita sedang mengalami kegiatan darurat seperti terjadinya  banjir dan gempa bumi .  dengan mengikuti kegiatan – kegiatan yang bermanfaat saya menjadi mempunyai banyak pengalam dan pengetahuan yang belum saya dapatkan sebelumnya . semoga kisah kehidupan saya selama ini dapat menjadi sebuah cerita yang menarik dan bermanfaat bagi pembaca . terimakasih

S1BusanaOffB2009-Renny Dwi Murdianti 

Tentang k3tium

sehat dan bersemangat
Pos ini dipublikasikan di Dwi Astuti Sih Apsari dan tag . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

