Tugas-1 Lingkungan Sekitarku PutriWahyuningGusti

22 Tahun Hidup di Pasuruan

            Pasuruan TIBA  (tertib,indah,bersih,aman), sebuah kota kecil yang terletak di bagian timur pulau Jawa. Besar dan lahir di kota Pasuruan merupakan sebuah kebanggan tersendiri karena banyak akan bangunan kuno yang masih dilestarikan serta masyarakatnya yang ramah.
            Saya tinggal di sebuah desa di salah satu desa di kota Pasuruan, namanya desa Gentong kecamatan Gadingrejo dari kecil saya tinggal di sana. Kekeluargaan di desa saya begitu kental bahkan seperti saudara sendiri. Terkadang saya dan keluarga berbagi makanan atau oleh – oleh pada tetangga – tetangga apalagi kalau ada hajatan, satu sama lain saling membantu. Sering juga diadakan kerja bakti satu gang supaya lingkungan kami tetap bersih. Mungkin kalau ada perlombaan lingkungan bersih, mungkin gang kami yang bakal menjadi pemenang tapi sayangnya tidak ada perlobaan seperti itu.

            Saat 17 Agustus di desa kami sering diadakan acara untuk menyambut hari kebangkitan Indonesia selain memasang bendera kebangsaan pada tiap desa. Beberapa perlombaan yang sering diadakan seperti jalan santai, lomba kelereng, lomba balap karung, lomba makan kerupuk, dan lain lain. Waktu aku SD, aku sering ikut lomba itu dan terkadang kalah tapi juga sering menang. Tapi ketika sudah besar hanya ikut jalan santai saja, karena sudah terpaut usia yang sudah tidak memungkinkan lagi dan sekarang giliran generasi – generasi penerus yang meneruskan. Selain di kampungku di sekolah-sekolah juga wajib memeriahkan Hari jadi RI dengan tiap sekolah mengikuti Karnaval dan Gerak Jalan yang diselenggarakan oleh DISPORABUD yaitu Dinas Pemuda,Pariwisata,Olahraga dan Budaya. Acara karnaval, sepeda hias, dan gerak jalan sering di tunggu – tunggu oleh anak – anak terutama anak sekolah karena pesertanya adalah anak – anak sekolah itu sendiri. Terdapat kirab budaya dan sepeda hias  mulai dari TK, SD,MA,LB, SMP, dan SMA. Dulu saya berturut- turut dipilih jadi salah satu peserta gerak jalan mulai dari SD,SMP dan SMA. Tapi saya juga pernah ikut sepeda hias yang sebagai maskotnya, seru banget acara – acara yang diselenggarakan. Ketika SMA saya terpilih jadi anggota Paskibraka tahun 2006 dan terpilih lagi tahun 2007. Pada Paskibraka tahun 2007 saya terpilih menjadi 10 besar calon seleksi Paskibraka yang akan dikirim ke Jawa Timur, tapi sayangnya sedikit kurang tinggi.

            Acara Pasuruan yang lain adalah Hari Jadi Kota Pasuruan yang terdapat kirab budaya. Kalau Hari Jadi Kota Pasuruan ini Pesertanya adalah anak SMA yang terdiri dari berbagai SMA di Kota Pasuruan tetapi hanya satu atau dua anak yang terpilih. Intinya adalah anak pilihan dari forum yang mengadakan acara tersebut. Forum tersebut bernama FKCN (Forum Komunikasi Cak dan Ning Kota Pasuruan) yang merupakan duta wisata yang bernaung di Kota Pasuruan. Forum tersebut di beri tanggung jawab untuk mengkonsep acara Hari Jadi Kota Pasuruan tiap tahunnya. Saya direkomendasikan oleh salah satu anggota FKCN tersebut untuk menjadi trima tamu acara Hari Jadi Kota Pasuruan yang saat itu di selenggarakan di Jalan Pahlawan di depan gedung DPR. Acara yang pertama kirab benda pusaka kemudian penyerahan benda pusaka. Dari berbagai acara yang telah saya ikuti, saya berniat ikut Pemilihan Duta Wisata Cak dan Ning Kota Pasuruan. Motivasi saya mengikuti ajang tersebut yaitu ingin lebih mengembangkan kota tempat lahir saya yaitu Kota Pasuruan. Pemilihan Cak dan Ning ini ketika aku masih duduk di bangku sekolah menengah atas sekitar tahun 2008 tapi sayang saya tidak lolos ke babak penyisian mungkin karna kurangnya persiapan baik fisik dan pengetahuan.Tidak berhenti di situ tahun 2009 saya diajak lagi sama teman saya tapi saya menolak ajakan dia karena bertepatan dengan acara MF3 (Malang Fashion Festival Flowers) yang saya menjadi salah satu peserta MF3. Pada tahun 2009 itu masa kerja dari FKCN tersebut berbeda dengan tahun sebelumnya 2008 yaitu masa kerja menjadi 2 tahun. Tahun 2011 saya ditawari lagi sama teman saya yang merupakan salah satu anggota FKCN awalnya saya ragu tapi saya berusaha mencoba dan menyiapkan semua dengan matang mulai dari penampilan, pengetahuan dan lain – lain. Saat pengujian saya melakukannya dengan hati yang tenang karena sebelum – sebelumnya saya juga pernah ikut ajang ini dan saat pengumuman finalis ternyata nama saya tercantum. Ketika itu saya lebih menyiapkan untuk masa karangtina dan out bound, waktu itu karangtina dilakukan di Hotel Semeru Park disana say digembleng menjadi manusia yg memiliki wawasan dan pribadi yang santun. Banyak pengetahuan dan wawasan yang saya dapat di masa karangtina tersebut selain juga mendapatkan banyak teman dan bertemu dengan orang – orang penting di kota Pasuruan. Lalu setelah karangtina berakhir acara selanjutnya adalah grand final yang di adakan di gedung P3GI saat acara grand final tersebut tiap finalis di beri pertanyaan yang berbeda dan pertanyaan tersebut tidak pernah di beritahu sebelumnya. Setelah sesi pertanyaan kemudian pengumuman pemenang dan Alhamdulillah saya menjadi Ning Favorit Kota Pasuruan tahun 2011.

   GambarGambarGambar

 Gambar

            Setelah menjabat menjadi Ning Favorit, saya ikut serta dalam acara – acara di Kota Pasuruan dan juga mengadakan acara bersama anggota FKCN yang lainnya juga. Berbagai acara yang selama ini kami adakan adalah bagi – bagi takjil saat Hari Ramadhan, Sahur on the road, Baksos, Student Betle di SMA – SMA, Pasuruan Jaman Bien,Hari Jadi Kota Pasuruan, Petik Laut dan masih banyak lagi.  Jabatan ini bukan semata – mata untuk eksistensi saja tetapi tanggung jawab yang kami pegang untuk membangun pemuda dan masyarakat kota Pasuruan untuk lebih unggul. Selain itu juga kita harus menjaga perilaku kita karena kita sebagai pemuda yang menjadi panutan pemuda yang lain di kota Pasuruan. Tidak hanya FKCN saja komunitas di kota Pasuruan tetapi juga berbagai macam komunitas yang tidak kalah kreatifnya dengan FKCN bedanya adalah FKCN di pegang oleh pemerintah. Dengan ikut sertanya saya ke dalam komunitas FKCN ini saya lebih bisa mendekatkan diri dengan masyarakat dan bisa bersosialisai lebih baik dari yang sebelumnya. Untuk tahun ini kami memiliki agenda yang lebih memfokuskan pada kebersihan kota Pasuruan itu sendiri dengan mengajak masyarakat dan pemuda kota Pasuruan untuk menjaga lingkungan dan setidaknya juga memberikan bantuan APD pada tukang bersih – bersih agar terhindar dari bahaya berkerja. Dan kami berupaya memberikan APD berupa masker dan sarung tangan karena hal tersebut sangatlah penting demi kesehatan. Meskipun pemerintah kota Pasuruan juga sudah memberikan APD berupa baju kerja saja. Mungkin juga dengan adanya penyuluhan juga dapat meyakinkan dan memberikan wawasan tentang pentingnya APD saat bekerja agar manusia dan lingkungan tetap terjaga. Dari pemerintah sendiri mensuport acara yang akan kami selenggarakan. Daerah yang akan kami tuju mungkin pertama kali di daerah pesisir karena banyak sekali masyarakat di daerah sana masih kurang menjaga kebersihan lingkungan. Kemudian menuju ke daerah gadingrejo yang letaknya agak berdekatan dengan daerah pesisir lalu menuju daerah – daerah pelosok yang lainnya, yang lebih membutuhkan perhatian dari pemerintah lalu daerah – daerah dekat jalan Pantura yang merupakan jalan transportasi antar kota. Baru setelah itu yang terakhir di daerah kotanya khususnya di dekat alun – alun kota Pasuruan yang sering di datangi pengunjung untuk berziarah ke Makam Kyai Hamid. Harapan saya semoga artikel ini menjadi motivasi atau semangat buat pembaca dalam menciptakan atau menjalani hidup lebih berwarna dan lebih berguna untuk orang lain

Tentang k3tium

sehat dan bersemangat
Pos ini dipublikasikan di Dwi Astuti Sih Apsari dan tag . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

