Tugas-2 Plus-Minus Laboratorium TI PutriWahyuningGust

Kelengkapan Fasilitas dan Pengadministrasian Alat di Laboratorium TI

Gambari

Pada keterampilan tata busana hampir semua mata pelajaran yang melakukan praktikum.Seperti yang diutarakan didalam program perkuliahan tata busana bahwa kajian dan pelajaran yang disusun dalam program pembelajaran berupa teori, praktek, dan tinjauan langsung ke industry busana atau kesekolah-sekolah terkait. Maka dari itu di butuhkan laboratorium untuk menunjang proses belajar mengajar di Teknologi Industri.

  1. Pengertian Laboratorium

Laboratorium menurut (kamus besar bahasa Indonesia) adalah tempat atau kamar tertentu dan sebagainya yang dilengkapi dengan peralatan untuk mengadakan percobaan dan penyelidikan, sedangkan pengertian laboratorium secara umum adalah sebagai tempat untuk melatih keterampilan dalam melakukan praktek, demonstrasi, percobaan, observasi, penelitian dan pengembangan ilmu pengetahuan yang terkait dalam kenyataan belajar mengajar. Berdasarkan uraian diatas, maka laboratorium tata busana adalah tempat kegiatan yang bermanfaat bagi para peserta didik guna memperoleh pengalaman kerja, melakukan pelatihan – pelatihan, mengembangkan kreasi seni, berinovasi dalam memperoleh keterampilan di bidang busana.

  1. Tujuan dan Fungsi Laboratorium

Tujuan dalam pengadaan laboratorium adalah agar dapat menunjang efektifitas pengajaran. Guna menunjang keberhasilan proses pembelajaran keterampilan tata busana di perkuliahan maka dari itu setiap perkuliahan dipandang sangat perlu untuk mengoptimalkan peran dan fungsi laboratorium dalam kegiatan belajar mengajar. Dengan demikian, diharapkan laboratorium tata busana bisa menunjang efektifitas dan keberhasilan proses kegiatan belajar mengajar dengan peralatan dan ruangan yang menunjang pula.

Adapun fungsi laboratorium yaitu

  1. Melaksanakan pendidikan praktikum dan praktek untuk membimbing peserta didik dalam bidang praktek tata busana.
  2. Melaksanakan pembinaan bekerja untuk membiasakan praktikan memiliki suasana kehidupan kerja.
  3. Melaksanakan pembentukan kepribadian yang kritis, kreatif dan mandiri dalam bidang tata busana
  4. Membentuk jiwa kewirausahaan.

 

Untuk kelancaran pelaksanaan proses  pembelajaran di laboratorium dibutuhkan pengelolaan laboratorium dengan sebaik – baiknya. Pengelolaan laboratorium dapat dilakukan dengan penataan ruangan yang baik dan administrasi alat yang baik pula. Ruangan laboratorium yang baik selain ditunjang dengan peralatan juga ditunjang dengan keselamatan dan keamanan kerja maka dari itu perlu adanya peraturan dalam praktek di laboratorium.

Hal – hal yang perlu diperhatikan sebelum praktik yaitu:

  1. Tidak diperkenankan mengoperasikan mesin tanpa se izin laboran terlebih dahulu
  2. Menggunakan jas laboratorium sebelum praktik
  3. Tidak menggunakan perhiasan yang berlebihan
  4. Rambut diikat rapi sedangkan yang memakai kerudung juga tidak boleh terlalu melangsai
  5. Mesin selalu dimatikan bila tidak digunakan
  6. Sehabis praktik sisa kain atau percah harus dibersihkan
  7. Tidak membawa makanan dan minuman didalam ruangan
  8. Gunakan selalu perlengkapan menjahit dengan benar

 

  1. Fasilitas yang terdapat di laboratorium TI

Fasilitas – fasilitas yang terdapat di laboratorium TI yaitu:

a)      Memiliki perlatan untuk praktek tata busana, baik peralatan utama dan peralatan bantu sebagai prasarana penunjang praktikum di laboratorium. Peralatan utama praktek tata busana adalah mesin jahit. Di laboratorium tata busana terdapat mesin jahit manual, mesin jahit otomatis, mesin jahit industry, mesin jahit penyelesaian (mesin obras) dan mesin jahit benang 4. Sedangkan peralatan jahit bantu yaitu jarum,pinset, pendedel, penggaris, gunting benang dan lain – lain.

b)      Memiliki beberapa ruangan dalam satu ruang praktek (laboratorium), ruangan yang ada di dalamnya adalah ruang praktek utama, fitting room (ruang pas), ruang penyimpanan barang

c)      Peralatan yang terdapat di ruang laboratorium yaitu lemari, meja potong, kursi lipat, meja laboran, meja dosen, meja setrika, gantungan baju, mesin jahit manual, mesin jahit obras, mesinjahit benang 4, mesin jahit otomatis, mesin jahit industry, dry clean.

 

  1. Pengadministrasian Alat di laboratorium TI

Mengadministrasi alat yaitu mencatat jumlah atau banyaknya alat dan bahan yang ada. Ini adalah salah satu kewajiban petugas atau laboran untuk mengadministrasi semua barang yang terapat di laboratorium.

Hal – hal yang paling penting dalam pengadministrasian alat di suatu laboratorium yang baik ialah

a)         Daftar inventaris alat

Daftar iventaris alat digunakan untuk mendata atau menginventaris alat yang terdapat di laboratoriu. Sehingga memudahkan pengelolaan prasarana yang ada untuk dikelola dengan sebaik – baiknya.

b)        Buku petunjuk praktikum dan penunjangnya

Buku praktikum akan digunakan pada saat proses pembelajaran di laboratorium yang akan memudahkan praktikum.

c)         Daftar hadir praktikum

Daftar hadir pratikum meliputi daftar hadir peserta didik atau siswa yang akan melakukan pratikum, absensi siswa, dan absensi laboran. Daftar hadir peserta didik atau siswa yang akan praktikum digunakan sebgai bukti bahwa peserta didik hadir pada saat praktikum di laboratorium dan mengikuti praktikum sesuai dengan pratikum yang akan dilakukan.

d)        Buku laporan jenis praktikum

Buku laporan jenis pratikum yang dilakukan, digunakan sebagai pedoman pratikum yang dilakukan di laboratorium, laporan praktikum, bahan evaluasi pembelajaran, serta akan memudahkan pemenuhan kebutuhan peralatan dan bahan apa saja yang dibutuhkan untuk praktikum.

e)         Alat penilaian praktikum

Alat penilaian praktikum digunakan untuk menilai tugas produk peserta didik dari hasil praktikum yang dilakukan.

f)         Jadwal praktikum

Jadwal praktikum digunakan untuk memudahkan pelaksanaan praktikum dan lebih teratur pelaksanaanya.

g)        Rancangan system pengelompokan praktikum

Rancangan system pengelompokan praktikum digunakan untuk membuat kelompok belajar peserta didik pada saat pembelajaran praktikum di laboratorium.

h)        Rancangan alat – alat yang akan digunakan dalam satu periode tertentu

Rancangan alat – alat yang akan digunakan dalam satu periode tertentu dilakukan untuk memudahkan pemenuhan peralatan yang digunakan praktikum dalam satu semester.

i)          Daftar pinjaman alat

Daftar peminjaman alat ini digunakan untuk mencatat peralatan yang dipinjam oleh peserta didik pada saat praktikum.

j)          Pencatatan keluar masuk alat dan bahan

Pencatatan alat sebaiknya dipisahkan dari pencatatan bahan. Setiap nama alat atau bahan yang spesifikasinya tertentu dicatat pada suatu halaman atau satu kartu terpisah dari halaman.

Setiap  laboratorium memerlukan satu tenaga pembantu laboratorium atau teknisi laboratorium, untuk membantu guru dalam proses pembelajaran di laboratorium. Teknisi laboratorium (tool man) adalah orang yang memiliki pendidikan jurusan sains, biologi, tata boga, tata busana dan jurusan bidang ilmu tertentu lainnya selama 1, 2, 3 tahun dalam pengetahuan dan keterampilan – keterampilan yang diperlukan dalam mambantu dosen melakukan pekerjaan dilaboratorium, termasuk mereparasi sampai tingkat kesukaran tertentu.

 

Plus Minus Laboratorium Busana Menurut Beberapa Infroman

 GambarGambar

Gambar

Menurut para alumni Universitas Negeri Malang Jurusan Tata busana sebagai narasumber yang saya wawancara rata – rata menjawab bahwa laboratorium tata busana ini memiliki kelebihan dan kelemahan yang salah satu dari kelebihannya yaitu memiliki ruangan yang ergonomis dan mesin – mesin industrinya yang lengkap. Sedangkan ada juga kekurangan dari laboratorium tata busana yaitu masih banyak mesin jahit yang tidak bisa dipakai atau rusak, banyak mahasiswa yang membawa makanan ke dalam ruangan saat pratikum dimulai, banyak yang tidak menggunakan jas laboratorium yang sudah di berikan. Selain itu juga masih ada mahasiswa yang melepas alas kaki saat praktikum mereka beranggapan kurang nyaman apabila memakai alas kaki saat menjahit, kurangnya meja potong sehingga banyak mahasiswa yang memotong kain di lantai, kurangnya dress from sehingga banyak mahasiswa yang bergantian dalam menggunakannya yang mengakibatkan pekerjaan menjadi semakin lama. Laboran yang kurang cekatan dalam memperbaiki mesin yang rusak dan laboran juga sering meninggalkan ruangan saat mahasiswa melakukan praktikum.

Berdasarkan informasi – informasi dari narasumber yang ada maka perlu adanya pembenahan baik dari fasilitas alat – alat juga perlu adanya pengadministrasian yang baik agar barang tidak hilang serta pembenahan terhadap pelayanan laboran terhadap mahasiswa.

 

KAJIAN PUSTAKA

Ernawati, dkk. (2008). Tata Busana. Jakarta : Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan. Departemen Pendidikan Sekolah.

Moeliono , S. (1991). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pusaka.

Poerwadarminta, W.J.S. (1999). Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Herawati, F. (2005). Modul Dasar Busana. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan. Departemen Pendidikan Sekolah.

Tentang k3tium

sehat dan bersemangat
Pos ini dipublikasikan di Dwi Astuti Sih Apsari dan tag . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s