Tugas-2 Plus-Minus Laboratorium TI UM

Tugas-2 Plus-Minus Laboratorium TI UM

Pemeliharaan dan Peremajaan Alat – Alat Serta Mesin di Laboratorium Busana TI UM

 

Universitas Negeri Malang, disingkat UM, merupakan perguruan tinggi negeri yang terletak di Malang dan BlitarJawa TimurIndonesia. Universitas yang didirikan pada tanggal 18 Oktober 1954 ini sebelumnya bernama IKIP Malang yang merupakan salah satu IKIP tertua di Indonesia. Rektor UM saat ini dijabat oleh Prof. Dr. H. Suparno. Mempunyai 9 fakultas yaitu fakultas ilmu pendidikan ( FIP ) , fakultas matematikan dan ilmu pengetahuan alam ( FMIPA ) , fakultas ekonomi ( FE ) , fakultas teknik ( FT ) , fakultas ilmu keolahragaan ( FIK ) , fakultas ilmu sosial ( FIS ) , fakultas ilmu pendidikan psikologi ( FPPsi ) , dan program pascasarjana ( PPs ) . jurusan teknologi industri ( TI ) merupakan salah satu jurusan yang termasuk dalam fakultas tektik ( FT ) . jurusan teknologi industri ( TI ) ini mempunyai dua jurusan keahlian yaitu pendidikan tata boga dan pendidikan tata busana . hanya di universitas negeri malang inilah jurusan tata busana dan tata boga terdapat dikota malang .

Jurusan teknologi industri ( TI )  memiliki beberapa ruang laboratorium dibagi menjadi 2 laboratorium yaitu laboratorium tata boga dan laboratorium tata busana . jurusan tata busana sendiri mempunyai 4 laboratorium untuk sarana pembelajaran mahasiswa untuk penerapan ilmu teori yang didapat . 4 laboratorium tersebut merupakan laboratorium bordir , laboratorium industri , laboratorium design , dan laboratorium reguler . terdapat 3 penjaga laboratorium yang bertugas menjaga dan mengecek setiap kegunaan dan fungsi mesin . tetapi tidak menutup kemungkinan untuk setiap mahasiswa ikut merawat dan menjaga alat dan mesin jahit yang terdapat pada laboratorium.

Disetiap laboratorium terdapat bermacam – macam alat  menjahit , mendesign dan mesin jahit . disetiap laboratorium mempunyai aturan – aturan khusus yang harus ditaati oleh semua mahasiswa tata busana . atauran – aturan tersebut tidak lepas dari aturan – aturan k3 ( kesehatan dan keselamatan kerja ) . seperti contohnya tidak makan didalam ruangan lab karena berdekatan dengan mesin karena tidak baik bagi kesehatan  jika kita makan dengan menghirup debu dari sisa kain dan juga mesin karena kita aja sampah atau mesin terkena air terutama mesin high speed dapat mengurangi umur mesin  , membuka jendela saat melakukan kegiatan menjahit agar terjadi sirkulasi udara dan debu dari kain dapat keluar dari ruangan , membersihkan kembalo ruangan laboratorium setelah memakai ruangan .

Laboratorium bordir mempunyai berbagai macam alat dan mesin untuk membordir , seperti mesin high speed , mesin obras , mesin manual dan setrika . perawatan di laboratorium bordir cukup baik sehingga banyak mesin yang masih bagus untuk di gunakan . hanya beberapa mesin yang terkadang tidak berfungsi sehingga harus mengalami perbaikan mesin . penempatan cahaya lampu di dalam laboratorium bordir juga cukup baik sehingga dapat menjahit dengan baik hanya saja penerangan cahaya lampu sedikit redup sehingga perlu adanya peremajaan cahaya lampu . jendela serta fentilasi  yang terdapat di laboratorium bordir sudah cukup untuk sirkulasi udara sehingga udara di dalam ruangan tidak pengap . tata letak mesin sebaiknya diatur kembali sehingga tampak rapi dan luas.

Laboratorium industri mempunyai berbagai alat yang ada dalam konveksi ataupun garmen . sehingga mempunyai berbagai macam alat dan mesin – mesin industri . alat – alat dan mesin industri tergolong berat karena merupakan mesin high speed yang dapat bekerja lebih cepat dari mesin manual . didalam ruangan laboratorium terdapat berbagai mesin high speed seperti mesin high speed lurus , mesin obras 3 , mesin obras 4 , mesin obras 5 , mesin over deck , mesin lubang kancing , mesin kelim , mesin zigzag , mesin press ( setrika ) , mesin pasang kancing , setrika uap , manequein , setrika uap , papan setrika , dan setrika . pemeliharaan mesin industri terbilang sediki rumit karena memerlukan ketelitian dan kesabaran lebi banyak . tidak banyak orang yang bisa memperbaiki setiap mesin industri sekalipun itu mahasiswa tata busana ataupun laboran tata busana , sehingga kadang kalanya mengharuskan memanggil ahli mesin industri untuk memperbaiki mesin . tata letak pada ruangan laboratorium industri sudah baik dan kondusif sehingga mahasiswa dapat menajahit dengan baik . tata letak cahaya lampu pada ruangan juga sudah baik penerangannya pun sudah tepat dan membuat nyaman . dalam ruangan terdapat jendela dan fentilsai sehingga dapat menghirup udara segar .

Laboratorium design merupakan laboratorium yang dipakai untuk pembelajaran membuat gambar ilustrasi dan melukis . diruangan ini tidak terdapat mesin atau pun alat untuk menjahit . meskipun di laboratorium ini tidak terdapat berbagai alat atau mesing jahit akan tetapi disana aturan k3 tetap berlaku seperti mengikuti aturan penggunaan alat menggambar dan melukis . memiliki kain lap untuk membersihkan setiap cat yang tumpah ke atas meja maupun di bawah lantai . tidak banyak peremajaan yang harus dilakukan di laboratorium ini , hanya perlu melakukan sedikt perbaikan . seperti penerangan cahaya lampu terkadang cahaya lampu yang redup sehingga menyulitkan saat melakukan kegiatan menggambar , sebaiknya di beri meja khusu untuk menggambar sehingga dapat memudahkan mahasiswa untuk menggambar , tata letak dalam ruangan ini baik dan tidak perlu melakukan penataan ulang .

Laboratorium reguler merupakan laboratorium yang berisi mesin jahit manual , sehingga pemeliharaannya terbilang tidak rumit dan dapat dilakukan oleh mahasiswa . diruangan itu terdapat manequin , papan setrika , dan setrika . disana juga terdapat ruang ganti ( ruang pass ) . di laboratorium itu terdapat lampu yang kondisnya kurang baik sehingga memelukan peremajaan agar tampak baik dan dapat menerangi dengan baik . tata ruang laboratorium reguler tampaknya perlu melakukan sedik tata ulang ruangan aga ruang terlihat lebih lebar dan rapi . untuk jendela dan fentilsai yang di miliki ruangan tersebut sudah cukup baik dan nyaman hanya saja penerangan yang dimiliki kurang kondusif .

Dari semua yang dimiliki laboratorium tata busana beberapa ruangan tidak terdapat kotak kesehatan atau yang biasa di kenal dengan kotak p3k . kotak p3k merupakan peralatan penting yang harus di sediakan pada setiap laboratorium untuk melakukan pertolongan pertama saat terjadi kecelakaan kerja . pakaian yang digunakan mahasiswa saat melakukan kegiatan praktik menjahit dengan menggunakan celemek laboratorium sehingga membuat baju yang dikenakan mahasiswa tidak terlalu kotor oleh limbah sisa menjahit .

Penerapan k3 di dalan jurusan tata busana sudah cukup baik . sehingga saat melakukan proses kegiatan menjahit , mahasiswa sudah mengetahui tata cara dan penerapan k3 dalam proses kegiatan menjahit di dalam laboratorium .

Gambar 

 

 Gambar

Informasi diatas merupakan wawancara saya dengan beberapa sumber ( informan ) dari alumni tata busana . mereka memberi komentar positif karena adanya kemajuan dan peningkatan dalam pengembangan suasana laboratorium tata busana universitas negeri malang . semoga artikel ini dapat memberi pengaruh positif terhadap perkembangan laboratorium tata busana universitas ngeri malang . 

Tentang k3tium

sehat dan bersemangat
Pos ini dipublikasikan di Dwi Astuti Sih Apsari. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s