Tugas 1 Lingkungan Sekitarku

SAYA DAN LINGKUNGAN SEKITAR SELAMA 19 TAHUNGambar

Manusia dan lingkungan hidup memiliki hubungan yang sangat erat. Keduanya saling memberi dan menerima pengaruh besar satu sama lain. Lingkungan yang indah dan lestari akan membawa pengaruh positif bagi kesehatan dan bahkan keselamatan manusia, sebaliknya, lingkungan yang buruk bagi kehidupan manusia. Tindakan eksploitatif manipulatif terhadap alam akan mengakibatkan kerusakan langsung terhadap alam, dan secara tidak langsung hal itu akan berdampak negatif bagi kehidupan manusia khususnya, dan kehidupan berbagai mahluk lain pada umumnya. Sebaliknya, apabila manusia menunjukkan kasih sayang yang besar terhadap alam, dengan memelihara dan melestarikannya, maka alam akan menjamin kelangsungan hidup manusia dalam suasana nyaman dan menyenangkan.

Kini saya Nurul Hikmah akan sedikit menceritakan tentang lingkungan yang ada di rumah maupun yang ada di sekitar rumah saya yang berada di desa baron kecamatan baron kabupaten nganjuk. Rumah saya sederhana memiliki ventilasi udara yang cukup banyak sehingga udara cepat berganti. Di rumah orang tua saya juga membuka usaha kecil-kecilan yaitu toko alat jahit dan menerima selep kelapa, beras, kopi, sambal dll. Dirumah saya kurang menerapkan K3, misalnya ketika menerima selepan bumbu ataupun yang lain orang tua tidak menggunakan pelindung diri seperti masker ataupun yang lainya. Padahal aroma dan debu yang dikeluarkan dari disel kurang baik untuk kesehatan. Lingkungan rumah saya bisa dikatakan cukup bersih. Rumah-rumah yang tidak begitu padat membuat lingkungan tetap terjaga. Terhindar dari kebisingan-kebisingan seperti yang ada di kota. Adanya gotong royong partisipasi antar tetangga membuat lingkungan menjadi nyaman dan tentram. Di sekitar rumah saya juga masih banyak sawah-sawah yang memberikan kesan ketenangan dengan melihat dan merasakan ketenangan alam yang ada di sekitar desa.

Selanjutnya saya akan sedikit menceritakan tentang masa balita sampai sekarang ini.

Gambar

Depan rumah

Gambar

Gambar

Sawah

PERIODE BALITA

Balita, dimana anak yang masih baru dilahirkan dan belum mengenal apa-apa yang ada di lingkungan. Dimasa balita ini hanya bisa menangis, minum, tertawa dan ngompol.

Pada suatu hari tepat pada tanggal 27 juni 1993 saya di lahirkan di tempat bidan yang ada di desa baron kota nganjuk dengan berat badan 2,9 kg. Dan dikasih nama Hajar Nur Anisa. Saya dilahirkan dari keluarga yang sederhana ayah saya seorang petani dan ibu saya ibu rumah tangga dengan membuka usaha kecil-kecilan. Saya anak ke dua dari dua bersaudara kakak saya laki-laki yang bernama kurniya budi rochmad. Umur saya dan kakak  saya selisih 4 tahun. Ibu bercerita tentang masa kecil saya. Beliu bercerita bahwa setelah saya dilahirkan dan baru beberapa hari di lingkungan rumah saya mengalami sakit dan harus dirawat di rumah sakit. Saya sakit tidak sembuh-sembuh dan akhirnya ayah saya mengganti nama saya menjadi Nurul Hikmah. Yang awalnya nama saya Hajar Nur Anisa dan akhirnya di ganti menjadi Nurul Hikmah. Kondisi semakin membaik dan akhirnya saya di perbolehkan pulang. Saya mendapatkan kasihsayang dari ayah, ibu dan orang-orang yang ada di sekitar rumah saya. Masa ini masa dimana saya masih mulai hidup di lingkungkungan.

Gambar

Gambar

Foto sekitar umur 5 thn kebawah di halaman rumah

PERIODE TK

Ketika saya sudah menginjak umur 5 tahun saya masuk TK di TK Aba yang ada di desa dekat rumah di sana saya bercanda tawa dengan temen semua. Dimana masa-masa ini adalah masa-masa bermain. Tapi disisi lain saya itu anak yang cengeng dan penakut. Ibu selalu mengantarkan bahkan menemani saya di TK. Saya bisa dikatakan masih kurang bisa bergaul dengan lingkungan atau orang-orang yang ada disekitar saya. Saya selalu takut jika ibu tidak disaming saya. Pada akhirnya saya sampai nol kecil saja di TK, tidak melanjutkan ke nol besar karena ketika di TK saya selalu minta di temani ibu masuk kelas untuk di temani jika tidak saya akan menangis kencang, dan akhirnya ibu memutuskan saya berhenti TK saja. Dimasa ini saya terkenal anak yang cengeng dan penakut. Akhirnya saya di rumah saja Sambil menunggu pendaftaran SD.

PERIODE SD

Setelah menginjak umur 7 tahun saya masuk SD(sekolah dasar) di SDN Baron Tiga. Lingkungan SD ini membuat saya lebih nyaman dibanding pada wahtu di lingkungan TK. Ruang kelas yang cukup luas, udara atau ventilasi udara yang cukup juga membuat kenyamanan saat pelajaran. Walaupun tidak ada AC ataupun kipas angin tetapi hanya menggunakan jendela-jendela yang besar saja sudah cukup untu kenyamanan belajar. Fasilitas yang diberikan juga sudah lumayan baik namun masih ada fasilitas yang kurang ketika pelajaran praktek misalnya saat praktek komputer. Terbatasnya peralatan untuk siswa sehingga murid bergiliran bergantian untuk memakainya.

Di sana saya berlajar berhitung dan membaca dengan baik. Di situ saya sudah tidak lagi cengeng dan tidak lagi di temani orang tua waktu di kelas maupun di lingkungan sekolah. Disini saya mulai mengenal lingkungan yang ada di sekitar saya. Setelah  kelas 1 saya naik kelas 2 di kelas 2 saya diajari lebih mendalami tentang cara membaca dan berhitung dengan baik.  beberapa tahun selanjutnya naik kelas 3,4,5, di kelas 5 saya mengikuti les sempoa setiap pulang sekolah selalu mengikuti les, dan terus berjalanya waktu saya naik kelas 6. Di kelas 6 Sd belajarnya lebih ada tantangannya dan mengetahui hitung-hitungan yang sulit. Saya lulus dari SD tahun 2006. Selama dimasa SD ini saya mendapatkan kenyamanan tentang fasilitas kesehatan dan keamanan yang ada di lingkungan sekolah ini. Setelah lulus kelas 6 SD Saya ingin mendaftar di SMP yang saya inginkan.

PERIODE SMP

Tahun 2006, umur saya menginjak 13 tahun, di umur 13 ini saya mulai bertambah lagi pengetahuan saya tentang kondisi lingkungan yang ada di sekitar saya. Di umur ini saya mendaftarkan diri pertama di SMP Negeri 1 ketosono. Lingkungan yang ada SMP itu cukup maju. setelah saya lihat di sana, nilai saya kurang mencukupi. Saya langsung pergi ke SMP 3 Kertosono, saya bisa masuk sana tetapi orang tua kurang menyetujui jika saya sekolah disana karena jarak yang lumayan jauh, kendaraan di jalan yang cukup banyak untuk menuju ke sekolah itu dan keselamatan dijalan yang mengkhawatirkan. Kemudian  saya langsung mencari SMP yang lain untuk mendaftar dan ternyata masuk juga di SMPN 1 Baron. Letak SMP yang lumayan dekat dengan rumah hanya beberapa menit saja bisa ditempuh dengan sepeda. Kondisi jalan raya juga tidak begitu padat atau ramai. Kondisi kelas yang ada disana sudah lumayan baik tetapi ada kelas kelas yang belum dipasang kipas angin sehingga pada waktu pembelajaran terkadang murid merasakan panas.

Awal masuk di sana saya mengikuti MOS (masa orientasi siswa) disitu saya masih begitu takut dengan kakak-kakak tingakat. Disana saya di kerjain sama kaka-kaka kelas. Sebegitu takutnya saya, saya mengikuti perintah-perintah  walaupun sering di sakiti dan di kerjain pada saat MOS. Tapi itu semua mendidik kita supaya lebih mandiri mengetahui tentang lingkungan ataupun saat pembelajaran nanti di SMP. Awal masuk SMP disana pembelajarnya masih bingung setelah saya mengerti dan mengikuti dengan baik akhirnya saya juga dapat menyesuaikan. Pada saat kelas satu saya mendapat bagian kelas H. Setelah itu saya naik kelas 2 dan saya dapet kelas I. Di sana saya mengikuti pembelajaran makin susah dan di sana saya memilh Extrakulikuler Drum Band yang di beri nama Drum Band Bahana Andika Praja. Saya mendapatkan tugas sebagai mayoret yang mengatur jalanya Drum Band itu. Di extakulikuler ini saya kurang memuaskan dengan kondisi alat-alat yang dipakai karena alat sebagaian alat yang kurang layak dipakai masih begitu saja dipakai. Ada juga yang emang benar ingin ikut dia membeli alat sendiri yang masih bagus supaya saat penggunaan enak dipakai. Kostum setiap personil maupun mayoret menggunakan biaya sendiri tidak ada dana dari sekolah itu. Sekolah hanya memberikan makanan jajan pada saat tampil. Kondisi tampil pada saat jalan beberapa kilo kaki dapat lecet, badan terkena sinar matahari dll. Dikelas 3 saya masih mengikuti Drum Band dan masih di tunjuk sebagai mayoret. Saya lulus pada tahun 2009.

Gambar

PERIODE SMA SAMPAI KULIAH SEKARANG INI

Setelah saya Lulus pada tahun 2009. saya mencari SMA negeri mendaftarkan diri di SMAN 1 kertosono. Hari pertama saya masih aman hari ke dua sudah mulai tergeser dan hari ke tiga terus tergeser. Saya takut bila tergeser terus karena posisi saya sudah tidak aman masuk di posisi bawah dan akhirnya jam 11.00 saya cabut dari SMAN 1 Kertosono menuju SMAN 1 Tanjunaganon pada hari ke tiga atau bisa di sebut Hari terakhir pendaftaran. Alhamdulillah jam 12.00 pengumuman dan akhirnya saya diterima di SMAN 1 Tanjunganom. Ke Esokan hari saya mengikuti MOS dan mencatat apa saja yang harus di bawa untuk MOS setelah perlengkapan sudah siap ke Esokan harinya saya siap untuk MOS disana saya MOS di perkenalkan dengan lingkungan sekolah.pada tahun angkatan saya MOS tidak begitu rumit dan tidak aneh-aneh. Beberapa minggu kemudian ada acara lagi yang harus di tempuh yaitu kemah ambalan. Setiap siswa siswi kelas satu wajib mengikutinya selama tiga hari. Pada waktu kemah ini dibagian kesehatan sudah cukup baik. Kegiatan selama tiga hari itu sangat seru dan menyenangkan. Mulai dari di bentak-bentak, di kerjain, permainan, dan acara pentas-pentas pada malam terakhir. Kegiatan ini memang capek tapi dibalik semua itu ada manfaatnya. Beberapa hari kemudian awal masuk sekolah telah dimulai saya berada di kelas 1D. Kondisi ruangan yang cukup dan fentilasi yang cukup. SMA ini juga mengadakan gotong royong ataupun kerjabakti yang dilaksanakan setiap 2 minggu sekali yang dilaksanakan pada hari jum’at. Pada saat kerjabakti para siswa siswi tidak menggunakan alat pelindung diri misalnya memakai masker ataupun kaos tangan. Menjelang kenaikan kelas 2  di sekolah saya menawarkan jurusan IPA / IPS untuk menentukan jurusan di kelas 2. Setelah saya berpikir dan merenungkan saya daftar atau memilih Jurusan IPS. Edaran dibagikan dan saya memilih jurusan IPA. Tiba saatnya pengumuman ternyata saya bisa masuk IPA, tetapi disitu saya masih ragu. Pilihan saya tetap ingin di jurusan IPS. Dan akhirnya sebelum pembagian kelas saya langsung mendatangi guru yang bersangkutan dan memohon untuk pindah ke jurusan IPS. Usulan saya sedang di proses. Alhamdulillah akhirnya usulan saya di terima dan akhirnya saya masuk di jurusan IPS. Saya mendapatkan kelas IPS1. Kondisi ruangan ips yang cukup namun masih ada beberapa ruangan yang belum dipasang AC ataupun kipas angin. Di IPS saya belajar tentang: Ekonomi, Geografi, Sosiologi, Sejarah dan lain-lain.setelah saya kelas 2 naik kelas 3 kelas mulai di acak lagi, semua murid protes dan akhirnya kelas tidak jadi di acak. Kelas tiga sudah selesai saya lulus tahun 20012. Setelah saya lulu SMA ada pendaftaran Diploma di Universitas Negeri Malang. Saya memasukan data-data persyaratan yang ada di universitas negeri malang. Semua data telah masuk tinggal menunggu pengumuman. Sambil menunggu pengumuman ada pendaftaran lagi yang namanya SNMPTN Tulis, saya mencoba mengikutinya dengan melalui tes tulis. Disitu saya memilih jurusan manajemen dan pendidikan tata busana. Setelah tes saat penantian hasil dimulai lagi dan akhirnta pengumuman diploma keluar dulu dibanding SNMPTN tulis. Alhamdulillah saya ketrima di fakultas teknik jurusan teknologi industri dan di prodi D3 tata busana.  Saya melakukan regristasi ke Universitas. Di kesempatan lain saya masih menunggu pengumuman hasil tes tulis SNMPTN. Beberapa hari kemudian pengumuman telah keluar dan hasilnya kurang beruntung. Nama saya tidak ada di daftar penerimaan. Untung saya sudah ada jaga-jaga. Dan akhirnya saya kuliah dan menjadi mahasiswa di peguruan negeri malang atau universitas negeri malang di fakultas teknik jurusan teknologi industri dan di prodi D3 tata busana.

Di Universitas Negeri Malang inilah dimana saya menuntut ilmu ke jenjang yang lebih tinggi lagi sampai sekarang ini.

Gambar

Gambar pada saat senam di SMA

Sumber:

(http://makalahmajannaii.blogspot.com/2012/06/manusia-dan-lingkungan-hidup.html)

Tentang k3tium

sehat dan bersemangat
Sampingan | Pos ini dipublikasikan di D3Bus2012-NurulHikmah, Dwi Astuti Sih Apsari. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s