Tugas 2 Plus-Minus Laboratorium TI UM

KELEBIHAN DAN KEKURANGAN LABORATORIUM TATA BUSANA

 

Di Universitas Negeri Malang kita mempunyai banyak laboratorium salah satunya adalah laboratorium yang ada di jurusan teknologi industri mempunyai sisi negatif dan positif. Walaupun demikian kita sudah merasa tercukupi terlebih di program jurusan tata busana yang masih kebanyakan kurangnya, dari sisi negatifnya laboratorium jurusan teknologi industri masih banyak kekurangannya yang pertama adalah laboratorium bordir yang berada di gedung G5 lantai 2 yang masih kurang dalam hal ventilasinya karena ketika di dalam laboratorium bordir kita masih saja merasakan hawa yang panas yang menyebabkan kita kurang konsentrasi dalam menjahit. Yang kedua di laboratorium desain yang berada di gedung G5 lantai 2 yang masih kurang rapi dalam penataan dressform yang masih berserakan sehingga membuat pemandangan kurang nyaman untuk di pandang. Yang ketiga laboratorium komputer yang berada di gedung G5 lantai 2 yang masih kurang dalam hal komputernya karena masih banyak komputer yang rusak. Yang keempat laboratorium menjahit yang berada di gedung G6 lantai 2 yang mesin jahitnya kurang kebanyakan mahasiswa membawa mesin jahit sendiri dan suasana di dalam kurang mendukung masih terasa panas. Yang kelima laboratorium tata rias yang yang berada di gedung H4 lantai 3 yang alat-alatnya masih kurang sekali dan ruangannya kurang luas sehingga terkesan ruangan tersebut penuh dan kurang nyaman untuk di pandang. Namun di samping kekurangan atau sisi negatifnya, laboratorium tata busana juga memiliki kelebihan atau sisi positif. Yang pertama sisi positif laboratorium bordir yang memiliki mesin jahit yang lumayan bagus dan memiliki mesin lubang kancing yang modern walaupun mesinnya cuma 2. Yang kedua laboratorium desain yang memiliki kelebihan di ruangannya yang lumayan luas dan ventilasi yang dapat membuat udara bebas keluar masuk. Yang ketiga laboratorium komputer yang ruangannya lumayan luas yang di lengkapi dengan wifi sehingga memudahkan mahasiswa mencari sumber-sumber ketika mengerjakan tugas-tugas walaupun terkadang wifinya eror atau lemot. Yang keempat laboratorium menjahit yang memiliki meja untuk memotong kain yang lumayan banyak dan laboran yang baik dan suka membantu mahasiswa ketika dalam kesusahan dan yang Alhamdulillah tepat waktu. Yang kelima laboratorium tata rias yang memiliki kelebihan di alat-alat makeup yang lumayan walaupun masih banyak kekurangan di laboratorium tata rias ini.

Setelah saya wawancara bersama para alumni D3 Tata Busana angkatan 2008,menurut mereka laboratorium sekarang jauh lebih bagus daripada laboratorium dulu dan yang sekarang lebih lengkap alat-alatnya. Namun apabila pada laboratorium border tetap dan pada laboratorium menjahit yang berada d5 G6 juga relatif tetap. Walaupun relatif tetap tapi dulu laboratorium lebih bersih dan rapi dibandingkan yang sekarang, karena yang sekarang mahasiswa lebih banyak sehingga membuat laboratorium kurang bersih terlebih di laboratorium bordir dan laboratorium menjahit di sisi-sisi bawah mesin jahit sering ada sisa-sisa potongan kain.

Dibawah ini adalah beberapa pendapat dari para alumni D3 Tata Busana angkatan 2008:

  1. Kak rosida atau sering di panggil Oci ini berpendapat bahwa laboratorium Teknologi Industri yang tepatnya jurusan tata busana sekarang mengalami kemajuan mulai dari tambahan mesin jahit dan mesin jahit yang begitu banyak.
  2. Kak sofi berpendapat bahwa dahulu laboratorium tidak serapi ini walaupun masih ada lampu-lampu yang masih bergantungan dan tidak rapi.
  3. Kak trimurti berpendapat bahwa laboratorium di jurusan tata busana sekarang ini sangat mengalami kemajuan mulai dari dressfrom,mesin jahit,mesin border,dan lain-lain.

Dan dapat disimpulkan bahwa laboratorium teknologi industri yang lebih tepatnya di jurusan tata busana sekarang mengalami perubahan dan kemajuan yang sangat tinggi mulai dari proses mengajarnya, kebersihan laboratoriumnya, laboran yang begitu baik, walaupun di laboratorium tata busana masih mempunyai kekurangan baik dari segi  keselamatan mahasiswa dan kesehatan mahasiswa.

 Gambar

Foto saat selesai wawancara dengan kakak-kakak  alumni D3 tata busana angkatan 2008.

 Gambar

Suasana di laboratorium desain yang berada di gedung G5 lantai 2.

 Gambar

Suasana di laboratorium bordir yang berada di gedung G5 lantai 2.

Dari foto-foto di atas dapat disimpulkan bahwa laboratorium tata busana kurang karena tidak mengutamakan keselamatan dan kesehatan mahasiswi terlebih di laboratorium bordir yang masih banyak kabel-kabel lampu yang bergantungan yang dapat menyebabkan mahasiswa kesetrum selain itu ada serat-serat kain yang ada dikaki mesin jahit itu sangat mengganggu kesehatan serta keselamatan apalagi ada penataan dreesfrom yang tidak rapi yang menyebabkan kurang bagusnya pemandangan. Kelebihan dan kekurangan di laboratorium teknologi industri terlebih di jurusan tata busana ini sudah mengalami peningkatan yang cukup dan tidak kurang dari tahun ke tahun itu pendapat yang di keluarkan oleh kakak-kakak alumni tapi menurut kita mahasiswa tata busana angkatan baru atau 2012 kita masih merasa kurang dan masih perlu tambahan lagi agar mahasiswa merasa nyaman dan kipas angina kalau bisa di tambah lagi di  laboratorium karena ventilasinya masih kurang dan terkadang ketika menjahit masih banyak mahasiswa yang masih merasa panas dan berkeringat dan seharusnya di setiap laboratorium harus memberikan fasilitas berupa masker atau alat pelindung diri yang lainnya karena mahasiswa juga membutuhkan alat pelindung diri agar kesehatan dan keselamatan mahasiswa terjaga.

Di laboratorium tata busana juga masih banyak lagi kekurangannya mulai dari mesin jahit yang sudah berkarat dan tidak di rawat lagi, mesin obras yang berada di laboratorium di gedung G5 yang hanya memiliki 1 mesin saja yang berfungsi sedangkan yang satunya sudah rusak, penataan dressform yang berada di gedung G5 yang kurang rapi dan membuat mahasiswa yang belajar di laboratorium tersebut merasa tidak nyaman. Maka dari itu apabila laboratorium teknologi industri sudah mulai terpenuhi dan lengkap, kita sebagai mahasiswa Universitas Negeri Malang wajib menjaga dan melindungi alat-alat serta kebersihan laboratorium agar laboratorium kita terhindar dari kotoran, penyakit, dan debu yang ada di sekitar kita dan agar tubuh kita tidak mudah terserang penyakit. Walaupun pada dasarnya laboratorium jurusan teknologi industry fakultas teknik jauh berbeda dengan laboratorium yang ada di fakultas lainnya yang jauh lebih lengakp misalnya saja pada fakultas mipa, fakultas ekonomi,fakultas sastra, dan fakultas-fakultas lainnya, tapi laboratorium fakultas teknik juga punya kelebihan yaitu ketika praktek mahasiswa jurusan tata boga menggunakan baju dan topi dan pada jurusan tata busana kita menggunakan celemek dan terkadang juga ada yang menggunakan masker pada matakuliah pembuatran busana pria yang di ajar oleh ibu cicik.

Namun pada dasarnya laboratorium tata busana sudah mengalami banyak kemajuan mulai yang dulu hanya beberapa mesin jahit sekarang sudah mulai ada tambahan mesin jahit, yang dulu ruanga laboratoriumnya panas sekarang ada yang sudah di kasih kipas angina walaupun tidak banyak, alat-alat yang ada di laboratorium dulu hanya sedikit sekarang lebih banyak dan lengkap, dulu yang hanya punya 1 mesin obras sekarang sudah memiliki lebih dari 4 mesin obras yang berada di laboratorium menjahit ytang berada di gedung G6 lantai 2 dan laboratorium yang terletak di gedung G5 lantai 2, dressfrom yang dulu hanya sedikit sekarang sudah mulai banyak dan sudah beraneka ragam ukuran mulai yang kecil sampai yang besar dan tidak hanya dressfrom wanita tetapi juga dressfrom laki-laki, kalu dulu proses belajar mengajar menggunakan blackboard sekarang menggunakan whiteboard walaupun pemanfaatan whiteboard kurang maksimal dan penataannya yang kurang rapi yang hanya menumpuk blackboard dengan whiteboard yang terkesan berantakan, tempat sampah yang dulu hanya di luar dan sekarang di dalam kelas atau laboratorium sudah ada tempat sampah yang setiap hari sampahnya di buang sehingga tidak menimbulkan bau yang busuk dan menyengat serta mengganggu kesehatan tubuh kita, sekarang setiap pergantian matakuliah mahasiswa piket mulai dari menyapu sampai dengan membuang sampah yang dari dulu sampai sekarang tetap di terapkan, sekarang beberapa laboratorium jurusan tata busana sudah ada lcd yang lengkap dengan proyektornya yang memudahkan mahasiswa untuk melakukan presentasi, kursi yang sudah mulai tercukupi tetapi meja di laboratorium masih kurang terkadang masih banyak mahasiswa yang memotong di bawah atau di luar kelas karena mejanya yang tidak cukup, pelayanan laboran yang sudah cukup lumayan baik dan membantu mahasiswa yang sedang kesusahan terlebih ketika mahasiswa sedang menjalankan ujian akhir semester (UAS) ketika mahasiswa mengalami kerusakan pada mesin jahit, dan biasanya jika ketika mahasiswa sedang menjahit lalu mati lampu secara tiba-tiba laboran pasti membantu untung mengganbti tali dynamo dengan tali mesin jahit manual tapi itu dulu ketika semester 1 sekarang semester 2 tidak di bantu lagi, alat-alat seperti skoci dan spul biasanya juga kita di pinjamin ketika punya kita ketinggalan tetapi kita juga harus menjaga dengan baik fasilitas laboratorium kita tidak boleh merusak alat-alat tersebut dan harus mengembalikannya ketika matakuliah tersebut selesai.

Dari sini saya dapat menyimpulkan bahwa kita sesame keluarga Universitas Negeri Malang terlebih keluarga Fakultas teknik jurusan teknologi industri prodi tata busana kita harus tetap menjaga fasilitas laboratorium agar tidak kotor dan kumuh kita harus membuat laboratorium kita menjadi bersih, sehat, dan terbebas dari kuman-kuman yang bertebaran dan kita juga tidak boleh hanya mengandalkan office boy saja yang bekerja, kita sebagai mahasiswa juga perlu menjaga kebersihan laboratorium.

Tentang k3tium

sehat dan bersemangat
Pos ini dipublikasikan di D3Bus2012-NovitaMirantiDewi, Dwi Astuti Sih Apsari. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s