Tugas 3 Serba-serbi K3 TI Shafiyah D3 Tata Busana

 

              Universitas Negeri Malang, di sini  saya mendapatkan ilmu tata busana. Awal mula masuk kuliah saya menerima banyak ilmu baru yang diajarkan oleh dosen tata busana.  Fakultas Teknik Jurusan Teknologi Industri memiliki dua jurusan yaitu; Tata Boga dan Tata Busana. Kelas yang digunakan oleh jurusan Tata Busana berada di Gedung G5, Gedung G6 dan Gedung H4. Sebagai jurusan Tata Busana kami menggunakan Laborotorium teori, praktek komputer, desain, bordir dan tata rias yang berada di Gedung H4.

                   Demi kelancaran dan keamanan pembelajaran di Teknologi Industri, system K3 sangat penting untuk diterapkan. K3 merupakan Kesehatan dan keselamatan kerja. Guna diterapkan K3 ini adalah untuk mengantisipasi mahasiswa atau pekerja agar terlindungi dari kecelakaan dan sesuatu yang tidak diinginkan. Penerapan K3 bagi mahasiswa sangat diperlukan karena apabila tidak akan mempengaruhi nilai mahasiswa.

              Pentingnya penerapan K3 bagi mahasiswa yaitu; untuk menghindari kecelakaan atau sesuatu yang tidak diinginkan, menghindari timbulnya penyakit, meningkatkan motivasi belajar mahasiswa, memberikan kenyamanan dan kelancaran bagi mahasiswa dalam hal pembelajaran.

                    Beberapa alat pelindung diri untuk mahasiswa Teknologi Industri tata busana yaitu;

1. Celemek digunakan untuk menghindari agar potongan benang tidak mengotori baju secara langsung.

2. Masker digunakan agar debu atau serbuk kain tidak menganggu pernafasan kita.

3. Penutup telinga digunakan agar kebisingan suara mesin-mesin tidak mengganggu pendengaran kita

          Dengan diterapkan alat pelindung diri mahasiswa akan lebih nyaman dalam belajar dan melakukan praktek menjahit. Namun alat pelindung diri di jurusan tata busana ini belum diterapkan. Untuk mewujudkan proses pembelajaran di laboratorium juga dibutuhkan Laboran yang benar-benar memiliki tanggung jawab yang baik dan konsisten. Bila tidak ada laboran mahasiswa akan mengalami kebingungan ketika ada mesin atau alat jahit yang rusak, sehingga pembelajaran mahasiswa akan terganggu.

          Alat pelindung diri yang masih umum sudah digunakan oleh mahasiswa yaitu celemek, mahasiswa masih bisa menerapkannya. Sedangkan mahasiswa yang menggunakan masker masih sedikit begitu juga dengan dosen.

          Selain praktek menjahit, kami juga mendapatkan mata kuliah tata rias yang kelasnya berada di gedung H4 lantai 3. Di kelas tata rias ini, kami juga menerapkan K3 dan alat pelindung diri. Beberapa alat pelindung diri yang sudah kami terapkan ketika mata kuliah tata rias  yaitu; Keep dan bandana. Keep merupakan kain penutup baju kita sisa rias tidak mengotori baju secara langsung. Bandana merupakan bando untuk merapikan rambut ke belakang agar bisa merias wajah dengan leluasa. Di laboratorium pula terdapat laboran yang tugasnya membantu mahasiswa ketika membutuhkan alat tata rias. Dengan suasana yang cukup luas kami bisa menghirup udara segar. Selain adanya udara segar, di kelas tat arias ini juga ada kipas angin sehingga mahasiswa tidak merasa gerah dan panas. Dengan adanya meja panjang membuat mahasiswa lebih leluasa dan nyaman ketika merias wajah ataupun rambut.

 

         

    

 

Tentang k3tium

sehat dan bersemangat
Pos ini dipublikasikan di Dwi Astuti Sih Apsari. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s