tugas3 serba-serbi TI

ALAT PELINDUNG DI LABORATORIUM TATA BUSANA

Tata busana adalah jurusan dari Teknologi Industri adalah sebuah jurusan yang memiliki dua program study yang terdiri dari tata boga dan tata busana,teknologi industry ada di Fakultas Teknik.

Tata boga adalah program study yang mengarah kepada tata hiding dalam masakan,mahasiswa tata boga yang akan  mendapatkan ilmu memasak yang nantinya kemungkinan akan menjadi koki ataupun yang lainnya.

Tata busana adalah sebuah program study yang mengajarkan tentang fashion didunia dan mengajarkan dalam pengembangan busana yang ada didunia terkhususnya di tempat tinggal sendiri.

Dari dua program study tersebut gedung tata boga dan tata busana sama bahkan laboratoriumpun berdekatan,seperti di G6 tata busana di atas dan tata boga dibawah demikian juga laboratorium yang ada di H4.

Jurusan teknologi industry yang ada diMalang hanya ada di Universitas Negeri Malang saja,bukan sebuah kebetulan saya dapat masuk ke Universitas Negeri Malang dengan jauh dari Kalimantan tengah dan mengijak di kota jawa dan ada dikampus Universitas Negeri Malang denagn mengambil jurusan teknologi industry.

Teknologi Industri memiliki laboratorium yang cukup banyak ada dibeberapa gedung difakultas teknik,gedung tempat kuliah mahasiwa teknologi industry berada di G5 dan G6 namun kadang bisa di H4 dan H5.Tergantung dari dosen yang bersangkutan mengadakan kuliah digedung apa selama masih di Fakultas Teknik.

Saya mengambil  tata busana,sebenarnya memasuki program busana bukanlah keahlian yang saya miliki dan bukan bakat maupun program yang saya inginkan,namun ini semua keinginan orang tua.Awal memasuki busana tanpa memiliki keahliaan apapun tidak ada minat sama sekali,tapi ketika semakin lama kelamaan memasuki tata busana itu menyenagkan sekali dan bangga kalau bisa membuat baju dari hasil tangan sendiri walaupun tanpa memiliki bakat karena semua yang ada di dunia perlu proses,dan lama kelamaan saya akan lebih bisa lagi.

Tata busana yang ada di Universitas Negeri Malang memiliki laboratorium yang terdiri dari.Laboratorium Desain,Laboratorium jahit,Laboratorium bordir dan masih ada lagi mungkin,karena saya masih semester 2 yang belum belajar sampai kesemua pelajaran tentang busana.

Laboratorium yang saya ketahui yang pertama laboratorium Desain,laboratorium ini digunakan untuk pelajaran desain seperti :

  • Menggambar proposi tubuh yaitu menggambar tubuh manusia dari atas kepala sampai kaki dimana kita bisa belajar bagaiman cara menggambar yang baik.
  • Draping yaitu,belajar cara membuat pola pas badan yang dipakai di dressform sejenis patung busa.
  • Desain hias yaitu,belajar membuat hiasan dinding,bantal maupun hiasan lain nya seperti sulaman yang terdiri dari sulaman jepang,sulaman benang,sulaman bayangan dan masih banyak lagi.

Laboratorium desain tidak hanya dipakai untuk pelajaran yang saya sebutkan tadi,namun dapat digunakan untuk pelajaran lainnya karena lengkap dengan papan tulis dan LCD.Dalam Laboratorium Desain tidak memiliki perlindungan kerja karena apa yang di praktek dalam laboratorium desain tidaklah berbahaya,namun ada bahayanya ketika praktek draping karena kita harus menyematkan jarum didressform yang bisa saja tertusuk tangan,namun tidak ada perlindungannya.

 

            Laboratorium Bordir dan Jahit adalah tempat praktek untuk membordir baju dan membuat baju,pola yang  hanya pola biasa yang akhirnay dapat berbentuk baju,sejenis apa saja yang dipraktekan seperti:

  • Tehnik dasar menjahit,tehnik yang artinya dasar atau awal dalam menjahit busana,yang masih belajar untuk memahami dasar-dasar dalam menjahit busana itu seperti apa sampai kita bisa mengetahui busana itu seperti apa.
  • Teknik pembuatan busana 1 artinya adalah kita memasuki tahapan busana yang pertama denagn memahami membuat pola dengan ukuran kita sendiri dan pas dibadan,agar bisa mengetahui bagaiman menjahit yang pas pada badan.

 

 

Laboratorium Bordir ataupun jahit memiliki pelindung yang seperti celemek/pakai kerja dan masker,namun terkadang tidak semua mahasiswa yang menggunakannay hanya ada beberapa mahasiswa yang menggunakannya dan kurangnya kesadaran dari mahasiswa.

P3k yang ada di tata busana saya kurang mengetahuinya,karena say tidak pernah tau kalu ada nya P3k,jika teman say sakit hanya diantar ke poliklinik,jadi kemungkina keselamatan dan perlindungan yang ada ditata busana kurang baik.

Penjelasan tentang beberapa Laboratorium tata busana :

  • Lab Desain digunakankan untuk mendesain proposi tubuh manusia,busana wanita maupun pria dan digunakan untuk medesain baju di dressform (patung untuk pembuatan busana).
  • Lab.bordir digunakan untuk membuat hiasan di busana untuk memberi  kesan indah di busana yang kita gunakan,dan bisa digunkaan untuk membuat nama di baju dengan keinginan dari kita.
  • Lab.Jahit digunakan  untuk menjahit baju yang kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari membuat nama.

Serba serbi yang say dapat dari program study tata busana tenteng perlindungan laboratorium.

 

Tentang k3tium

sehat dan bersemangat
Pos ini dipublikasikan di Dwi Astuti Sih Apsari dan tag . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s