Tugas 3 Serba Serbi K3 TI

APD wajib digunakan dalam pratikum

Sebelumnya saya akan memperkenalkan diri terlebih daahulu, nama saya adalah Diana Ika Farida prodi D3 tata busana. Saya akan menjelaskan tentang pentingnya APD saat pratikum. Di universitas Negeri Malang, fakultas teknik ini memiliki banyak laboratorium, seperti tempat biasa saya melakukan pratikum yaitu di di gedung G5 dan G6. Kedua laboratium tersebut memiliki bernacam-macam alat jahit ataupun mesin jahit. Di laboratium busana juga terdapat APD untuk mahasiswa yang sedang menjalankan praktikum.

Awalnya kita harus mengetahui dahulu pengertian dari K3 sendiri. K3 merupakan pemberian perlindungan kepada setiap orang yang berada ditempat kerja, yang berhubungan dengan pemindahilan bahan baku, penggunaan peralatan kerja konstruksi, proses produksi dan lingkungan sekitar tempat kerja. Dengan tujuan melindungi kesehatan, keamanan dan keselamatan dari tenaga kerja, meningkatkan efisiensi kerja, dan mencegah terjadinya kecelakaan dan penyakit akibat kerja. Adanya ilmu tentang K3 ini yaitu, mempelajari tentang k3, melaksanakan tentang k3, dan memperoleh hasil yang sempurna dalam mencegah terjadinya kecelakaan kerja. Maka dari itu APD sangat penting dan harus memenuhi standart keselamatan kerja. Berikut pengamanan sebagai tindakan keselamatan kerja antara lain:

a.      Perlindungan badan yang meliputi seluruh badan.

b.      Perlindungan mesin.

c.       Pengamanan listrik yang harus mengadakan pengecekan berkala.

d.      Pengamanan ruangan , meliputi sistem alarm, alat pemadam kebakaran, penerangan yang cukup, ventilasi yang cukup, jalur evakuasi yang khusus.

Dalam UU juga diterangkan bahwa APD harus disediakan cuma-cuma, menurut zenab dalam UU No 1 tahun 1970 tentang Kesker pasal 14 (3) menyatakan bahwa pengurus diwajibkan menyediakan secara Cuma-Cuma semua APD yg diwajibkan pd tenaga kerja yg berada dibawah pimpinannya dan menyediakan bagi setiap orang lain yg memasuki tempat kerja disertai dengan petunjukpetunjuk yg diperlukan.  Pasal 15 diterangkan tentang hak & kewajiban tenaga kerja diantaranya adalah memakai APD yg diwajibkan.

Laboratium Teknologi Industri di UM semisal laboratium alat jahit juga menggunakan alat pelindung diri seperti clemek, dan masker. Masing-masing mempunyai manfaat dan berguna untuk diri kita sendiri. Selama saya masih semester satu mata kuliah yang harus menggunakan APD adalah teknik dasar menjahit, di dalam lab kita dianjurkan untuk menggunakan clemek. Dosen sangat menganjurka untuk memakai clemek tata busana, dan apabila ada mahasiswa yang tidak memakai APD clemek tersebut akan dicatat oleh dosen. Pada awalnya saya tidak begitu mengetahui apa fungsi dari pemakaian clemek saat melakukan praktik menjahit, tapi karena di semester dua terdapat mata kuliah k3 saya mengerti apa manfaat dari kita menggunakan clemek saat melakukan praktik. Saya dapat memperoleh manfaat dari pemakaian clemek saat menjahit yaitu ketika melakukan praktik kita tak lepas dengan benang dan kain, praktik yang dilakukan adalah yang berhubungan dengan busana makadari itu banyak benang dan potongan-potongan kain yang berantakan. Potongan benang dan kain tersebut akan menempel pada pakaian yang kita kenakan, jika tidak mengenakan clemek pastinya potongan benang ataupun kain akan menempel pada pakaian kita.

Gambar

Bukan hanya clemek tetapi masker juga diperlukan. APD ini berfungsi melindungi bagian dalam tubuh melalui pernafasan hidung dan mulut dari pengaruh oksigen yg terkontaminasi dengan partikel debu dan gas yg dapat merusak atau setidaknya menggaggu pernafasan. Pada saat kita melakukan praktik menjahit serbuk kain ataupun benang dapat

mengganggu pernapasan kita. Orang yang mengalami gangguan pernafasan berbahaya. 

jika tidak menggunakan masker ketika menjahit, karena serbuk kain atau benang dapat mengganggu pernafasan. Pada saat praktik di lab, saya melihat ada sebuah kelas melakukan praktik menjahit denga menggunakan masker, meski dikelas saya tidak diwajibkan untuk memakai. Kelas tersebut terlihat sangat aman dan nyaman dalam melakukan praktik. Karena menggunakan alat pelindung diri, yaitu masker.

Pada laboratium TI UM di G5 juga mempunyai fentilasi yang sehat. Ruangan yang sangat luas dan penataan ruangan yang fleksibel dapat membuat membuat mahasiswa nyaman untuk melakukan praktik. Mempunyai kipas angin di setiap ruang, juga berguna untuk membuat ruangan terasa segar dengan bantuan fentilasi.

Menurut zaenab, APD adalah Peralatan keselamatan yg harus dipergunakan oleh personil apabila berada dalam suatu tempat kerja yang berbahaya. APD juga merupakan suatu alat yg berfungsi untuk melindungi tenaga kerja dalam melakukan pekerjaan agar terhindar dari bahaya di tempat kerja. APD sangat diperlukan ditempat-tempat saat kita melakukan operasi kerja. Disaat kita melakukan praktik pun, APD sangat penting ditreapkan. Bukan hanya digunakan untuk praktik saja, hal tersebut juga sebagain pembelajaran ketika kelak kita mempunyai usaha sendiri atau sedang bekerja di perusahaan lain, kita harus menggunakan APD karena hal tersebut sangat penting.

            Menurut Zaenab, APD yang disediakan harus memenuhi syarat:

1. Harus memberikan perlindungan yg cukup terhadap bahaya yg dihadapi tenaga kerja.

2. Tidak mudah rusak.

3. Tidak mengganggu aktifitas si pemakai.

4. Beratnya seringan mungkin

5 Mudah diperoleh dipasaran

6. Memenuhi syarat spesifik lain

7. Enak dipakai.

            Akan tetapi APD di Laboratium busana masih belum begitu maksimal, karena hanya dosen tertentu yang mengharuskan menggunakan APD di lab saat praktik berlangsung. Hal ini perlu ditingkatkan lagi karena alat pelindung diri sangat penting penting dan bermanfaat bagi setiap orang yang melakukan kegiatan kerja.

            Serba serbi K3 dalam teknologi industri di Universitas Negri Malang. Penerapan yang dilakukan untuk K3 masih belum begitu maksimal. Semoga dengan bertambahnya tahun bisa lebih meningkatkan penerapan K3. Sekian dari saya apabila ada kesalahan atau kekeliruan mohon dimaafkan.

Sumber:

http://nvisual.wordpress.com/tag/pengertian-k3/

http://navale-engineering.blogspot.com/2013/02/pengertian-k3-keamanan-kesehatan-dan.html

http://keslingmks.files.wordpress.com/2009/01/pengantar-kesehatan-kerja.pdf

Tentang k3tium

sehat dan bersemangat
Pos ini dipublikasikan di D3 tata busana Diana ika farida, Dwi Astuti Sih Apsari dan tag . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s