tugas 4 penerapan K3 di industri Jerry andini D3 tabus 2012

KATA PENGANTAR

 

 

Observasi merupakan suatu kegiatan pengamatan secara langsung pada suatu tempat maupun lokasi yang telah di tentukan terlebih dahulu. Dalam kegiatan observasi, seseorang yang melakukan kegiatan juga dapat menggali lebih dalam wawasan dan pengetahuan pada saat melakukan observasi. Maka dalam kegiatan observasi, seseorang maupun kelompok anggota harus detail dalam mendapatkan informasi di tempat observasi. 

          Pada makalah ini, penulis sudah mencoba dalam melakukan observasi di global collection yang bergerak dalam usaha bisnis konveksi busana. Dalam bisnis konveksi yang telah penulis amati, memang lebih di utamakan dalam penerapan K3 (Kesehatan dan Keselamatan Kerja), namun selain dalam penerapan K3, penulis juga mengamati sistem bisnis yang di jalankan di sana.

          Dan pada pembuatan makalah ini, penulis sangat bersyukur kepada ALLAH SWT yang telah merahmati hingga terselesaikannya makalah ini. Penulis juga berterimakasih pada dosen mata kuliah K3, Ibu Dwi Astuti yang membetikan pengetahuan sistem K3 sebagai bekal sebelum observasi, dan terimakasih untuk global collection yang bersedia untuk di lakukan observasi.

          Dalam penyusunan makalah ini, mungkin memang masih terdapat banyak kesalahan dalam pembuatannya. Dan apabila ada tambahan dan saran demi pembenaran makalah sangatlah penulis harapkan. 

 

 

Malang, 27 Maret 2013

 

 

Penulis

 

 

 

 

i

BAB I

PENDAHULUAN

 

 

1.1  Latar Belakang.

Dalam menjalankan suatu bisnis usaha yang benar dan terarah, sangat di butuhkan adanya suatu sistem K3 (kesehatan dan keselamatan kerja) demi menunjang kesehatan dan keselamatan karyawan pada saat proses bekerja. Dan pada observasi yang telah di lakukan, sistem keselamatan pada bisnis konveksi busana di global collection menjadi tempat tujuan untuk di amati dalam penerapan K3. Karena dalam bisnis koveksi busana pasti akan banyak melibatkan kain yang bertumpuk dan berbagai mesin yang di gunakan, maka observasi di tempat ini akan dapat melihat langsung penerapan K3 di tempat yang mungkin beresiko dengan bahaya bahan tekstil di sekitarnya.

          Selain pada penerapan sistem K3 di tempat konveksi busana, informasi pemasaran dan awal terselenggaranya bisnis konveksi juga menarik perhatian untuk di bahas dalam makalah ini. Karena bisnis yang dilakukan di global collection berada dalam satu lahan pembuatan, dan pemasaran bisnisnya.

          Maka dalam makalah ini, selain mengamati sistem K3 yang di terapkan juga akan membahas sistem pergerakan bisnis usaha konveksi di global collecction. Sehingga makalah ini akan membahas isi dari keseluruhan bisnis konveksi di gelobal collectiion.

 

1.2  Rumusan Masalah.

 

  1. Sejarah awal usaha konveksi di global collection.
  2. Sistem penerapan K3 di global collection.
  3. Pemasaran produk busana di global collection.

 

1.3  Tujuan.

 

  1. 1.      Untuk mengetahui sejarah didirikannya usaha konveksi di globak collection.
  2. 2.      Untuk melihat bagaimana sistem K3 yang ada di global collection.
  3. 3.      Sebagai wawasan dalam pemasaran produk pada bisnis konveksi di global collection.

 

 

1

BAB II

PEMBAHASAN

 

 

2.1 Sejarah Didirikannya Usaha konveksi.

          Apabila suatu pekerjaan harus berlatar belakang pendiikan yang sama dengan profesi yang akan di miliki, mungkin hal itu tidak berlaku pada diri Bapak Ahmad Sodiq, karena dari latar belakang pendidikan  yang berbeda dari profesi beliau sekarang, ternyata usaha konveksi yang pada awalnya tidak di minati dapat menjadi sukses seperti sekarang. Bahkan untuk penjualan seratus pakaian perhari sudah begitu mudah di dapat setiap waktunya. Hingga pada akhirnya bisnis yang tidak di sukai menjadi ladang keuangan yang menjanjikan seperti sekarang ini. Ada suatu pernyataan yang cukup mengherankan saat penulis mewawancara beliau berkata. “saya ini inginnya jadi dosen agama, bukan menjalankan bisnis pakaian seperti ini. Orang jahit saja saya tidak bisa.” Maka dari sedikit wawancara ini sebenarnya dapat memotifasi setiap orang, bahwa bakat di dalam diri itu tidak seelamanya menjadi dasar pokokmenjadi sukses, karena sebenarnya hal itu dapat di kendalikan oleh usaha yang gigih untuk menjadi sukses seperti sekarang.

          Seperti pada saat penulis mencoba menggali faktor apa yang mendasari pemilik usaha masih tetap menjalankan usaha yang sama sekali tidak di minati. Beliau dengan pasti menjawab, “bagaimana mau di tinggalkan, uang saya waktu itu sudah terganti dengan beberapa mesin jahit dan peralatannya. Jadi ya bagaimana pun harus tetap lanjut untuk balik modal, dan bisnis ini juga peninggalan orangtua saya.” Dan dengan perjuangan yang cukup berat akhirnya modal yang berawal Rp.1.700.000,00 dapat kembali hingga bertambah dan berpindah tempat di jl.K.H Zainul Arifin Pada tahun 2008

Awalnya Global Colection hanya menghasilkan pakaian olah raga saja tetapi sekarang seragam sekolah pun di jual banyak jenis seragam sekolah mulai dari sd, smp, sma hingga peralatan sekolah seperti topi, dasi, kaos kaki, dll. Global Colection dahulu hanya konveksi biasa namun sekarang menjadi konveksi yang besar. Berdiri nya Global Colection juga tidak dengan sengaja karena mulanya ingin menjadi dosen tetapi tidak terwujud dan istrinya lah yang menjadi dosen. Konveksi ini sampai saat ini tidak memiliki cabang, beliau juga memiliki tekat untuk memperbesar konveksi tersebut.

 

 

 

 

 

2.4 Sistem penerapan k3 pada perusahaan

Global colection adalah perusahaan yang bergerak dalam bidang konveksi. Perusahaan ini awalnya sangat menerapkan sistem k3 namun, beberapa karyawan tidak menganggap penting akan keselamatan kerja, seperti masker tidak semua karyawan mau menggunakan masker alasannya, panas, selain itu juga bernafas tidak lega, padahal masker sangat penting, sangat berguna sekali demi menjaga kesehatan, karena pada saat kita menjahit, benang dan debu-debu dalam kain dapat bertebaran, akibatnya kita dapat batuk atau penyakit jangka panjang lainnya terlebih di masa tua nanti . Penerapan sistem k3 di perusahaan tersebut lebih kepada pemberitahuan. Namun tidak semua karyawan tidak menggunakan masker sebagian menggunakannya.

Di perusahaan tersebut menyediakan obat-obatan ringan seperti obat sakit kepala, betadin, perban, dll penerapannya juga lebih kepada kebel-kabel mesin seperti mesin jahit, mesin obras, serta mesin potong. Jika menaruh kabel dengan sembarangan bisa terjadi konslet dan membahayakan bagi para pekerja. Seperti contoh di perusahaan tersebut pernah terjadi kecelakaan kerja tangan terkena jarum, maka perusahaan tersebut langsung memberi obat. Jika terlalu parah pihak perusahaan memberi uang untuk berobat ke dokter. Perusahaan tersebut juga memberi makan jika karyawan lembur, penerapan k3 sangat berlaku bagi semua para karyawan namun jika ada yang melanggar tidak ada sanksi yang di berikan, hanya lebih kepada pemberitahuan atau peringatan, perusahaan sudah sering kali memperingati namun tidak semua karyawan melaksanakannya.

Sebagian dari karyawan nya ada yang memakai masker atau penutup mulut ada pula yang tidak, k3 lebih kepada meletakkan alat-alat listrik atau kabel-kabel mesin jahit atau obras, obat-obatan ringan seperti sakit kepala, flu, atau penyakit ringan lainnya disediakan di sana, obat-obat untuk luka ringan seperti tertusuk jarum, terkena gunting, atau yang lainnya. Bentuk k3 lainnya adalah himbauan atau pemberitahuan kepada setiap karyawan.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2.5 Sistem pemasaran

Sistem pemasaran pada Global Colection tidak di pasarkan keluar hanya wilayah tokonya saja, pemasarannya juga hanya di lingkungan Global Colection. Perusahaan tersebut juga menerima pesanan seperti pemesanan seragam sekolah, jas almamater, pakaian olah raga sampai pada trainning. Pemasarannya hanya di lingkup Global Colection tidak sampai keluar.

Mengorder barang dengan jumlah grosir, barang yang di display merupakan contoh dan barang tersebut memiliki stok digudang. Dalam memproduksi Seragam & Produk Konveksi Pabrik Seragam didukung oleh tim manajemen & produksi yang Profesional & Berpengalaman Cara order yang Mudah, dapat dilakukan melalui email, FB telp, atau datang langsung ke workshop Global Collections Malang Global Collections Malang telah berpengalaman melayani berbagai Organisasi, Perusahaan Nasional dan Perusahaan Asing serta Instansi Pemerintah dari seluruh wilayah Indonesia Proses produksi dilakukan di workshop milik sendiri dengan peralatan yang lengkap dan modern Quality Control untuk memastikan kualitas barang pesanan sesuai dengan yang dipesan konsumen Kapasitas produksi yang besar sehingga bisa menyelesaikan pesanan dalam waktu yang cepat Jaminan contoh material yang sesuai dengan hasil akhir Jaminan ketepatan waktu pengerjaan atau Pabrik Seragam berikan potongan harga.

Jaminan kualitas & harga yang reasonable dan juga Pabrik Seragam dapat menyesuaikan produksiSeragam / Produk Konveksi dengan menyesuaikan budget dari Konsumen. Agar para pelanggan dapat mengetahui Info lebh lengkap mengenai Global Colection ini Customer Service Pabrik Seragam menyediakan layanan Customer Service melalui Telepon, SMS, Email, YM yang selalu siap melayani. Adanya fasilitas “Track Your Order” via website, sehingga dapat memantau perkembangan order yang telah di pesan melalui website tersebut.

Melalui berbagai macam fasilitas yang di berikan para pelanggan dapat memesan dengan mudah, pelayanan-pelayanan yang terbaik sangat menunjang keberhasilan dalam usaha tersebut.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BAB III

PENUTUP

Kesimpulan

Dari uraian di atas dapat disimpulkan bahwa sistem k3 sangat di butuhkan bagi karyawan yang bekerja di perusahaan manapun karena itu yang menjaga karyawan dalam bekerja banyak karyawan maupun perusahaan yang mengabaikan hal tersebut. Quality Control untuk memastikan kualitas barang pesanan sesuai dengan yang dipesan konsumen.

Saran

Dalam bekerja sangat di butuhkan hati-hati jangan sampai ceroboh sebab jika kecelakaan dalam bekrja akan menimbulkan penyakit. Global colection adalah perusahaan yang bergerak dalam bidang konveksi. Perusahaan ini awalnya sangat menerapkan sistem k3 namun, beberapa karyawan tidak menganggap penting akan keselamatan kerja, seperti masker tidak semua karyawan mau menggunakan masker alasannya, panas, selain itu juga bernafas tidak lega, padahal masker sangat penting, sangat berguna sekali demi menjaga kesehatan.

 

Tentang k3tium

sehat dan bersemangat
Pos ini dipublikasikan di D3 Tabus Jerri andini 2012, Dwi Astuti Sih Apsari dan tag . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s