TUGAS 4 PENGGUNAAN ALAT PELINDUNG DIRI PADA USAHA KONVEKSI WHINDHA VERONICA 2012/2013

PENGGUNAAN ALAT PELINDUNG

DIRI PADA USAHA KONVEKSI

 

Penggunaan alat pelindung diri pada industri-industri busana memang saat ini masih belum cukup maksimal karena tidak semua industri mengerti dan tau tentang keselamatan kerja dan juga para pekerja yang masih juga tidak mengerti akan pentingnya alat pelindung diri. Namun juga tidak semua karyawan tidak menggunakan alat pelindung diri beberapa karyawan mau menggunakannya. Yang sangat jarang mau menggunakan nya adalah ibu-ibu karena memang sulit untuk bernafas.

Namun alat pelindung diri memang sangat di butuhkan untuk kesehatan karena sisa-sisa dari kain-kain atau benang sangat membahayakan paru-paru kita tapi tidak semua orang sadar akan hal itu tidak semua mengerti akan perlindungan bahaya dari apa yang mereka kerjakan seperti gambar di bawah ini:

Gambar tersebut menunjukan bahwa tidak semua orang mau menggunakan masker, celemek, serta alat pelindung diri lainnya. Global colection adalah perusahaan yang bergerak dalam bidang konveksi. Perusahaan ini awalnya sangat menerapkan sistem k3 namun, beberapa karyawan tidak menganggap penting akan keselamatan kerja, seperti masker tidak semua karyawan mau menggunakan masker alasannya, panas, selain itu juga bernafas tidak lega, padahal masker sangat penting, sangat berguna sekali demi menjaga kesehatan, karena pada saat kita menjahit, benang dan debu-debu dalam kain dapat bertebaran, akibatnya kita dapat batuk atau penyakit jangka panjang lainnya terlebih di masa tua nanti . Penerapan sistem k3 di perusahaan tersebut lebih kepada pemberitahuan. Namun tidak semua karyawan tidak menggunakan masker sebagian menggunakannya.

Di perusahaan tersebut menyediakan obat-obatan ringan seperti obat sakit kepala, betadin, perban, dll penerapannya juga lebih kepada kebel-kabel mesin seperti mesin jahit, mesin obras, serta mesin potong. Jika menaruh kabel dengan sembarangan bisa terjadi konslet dan membahayakan bagi para pekerja. Seperti contoh di perusahaan tersebut pernah terjadi kecelakaan kerja tangan terkena jarum, maka perusahaan tersebut langsung memberi obat. Jika terlalu parah pihak perusahaan memberi uang untuk berobat ke dokter. Perusahaan tersebut juga memberi makan jika karyawan lembur, penerapan k3 sangat berlaku bagi semua para karyawan namun jika ada yang melanggar tidak ada sanksi yang di berikan, hanya lebih kepada pemberitahuan atau peringatan, perusahaan sudah sering kali memperingati namun tidak semua karyawan melaksanakannya.

Sebagian dari karyawan nya ada yang memakai masker atau penutup mulut ada pula yang tidak, k3 lebih kepada meletakkan alat-alat listrik atau kabel-kabel mesin jahit atau obras, obat-obatan ringan seperti sakit kepala, flu, atau penyakit ringan lainnya disediakan di sana, obat-obat untuk luka ringan seperti tertusuk jarum, terkena gunting, atau yang lainnya. Bentuk k3 lainnya adalah himbauan atau pemberitahuan kepada setiap karyawan.

Banyak konveksi yang tidak menerapkan sistem k3 pada industrinya karena tak jarang mereka menganggap bahwa k3 tidak penting padahal k3 sangat penting bagi karyawannya. Terutama bagi kesehatan namun saat ini banyak garmen yang mengabaikannya Dalam menjalankan suatu bisnis usaha yang benar dan terarah, sangat di butuhkan adanya suatu sistem K3 (kesehatan dan keselamatan kerja) demi menunjang kesehatan dan keselamatan karyawan pada saat proses bekerja. Dan pada observasi yang telah di lakukan, sistem keselamatan pada bisnis konveksi busana di global collection menjadi tempat tujuan untuk di amati dalam penerapan K3. Karena dalam bisnis koveksi busana pasti akan banyak melibatkan kain yang bertumpuk dan berbagai mesin yang di gunakan, maka observasi di tempat ini akan dapat melihat langsung penerapan K3 di tempat yang mungkin beresiko dengan bahaya bahan tekstil di sekitarnya.

          Selain pada penerapan sistem K3 di tempat konveksi busana, informasi pemasaran dan awal terselenggaranya bisnis konveksi juga menarik perhatian untuk di bahas dalam makalah ini. Karena bisnis yang dilakukan di global collection berada dalam satu lahan pembuatan, dan pemasaran bisnisnya.

          Maka dalam hal ini, selain mengamati sistem K3 yang di terapkan juga akan membahas sistem pergerakan bisnis usaha konveksi di global collecction. Sehingga makalah ini akan membahas isi dari keseluruhan bisnis konveksi di gelobal collectiion.

Dalam bekerja sangat di butuhkan hati-hati jangan sampai ceroboh sebab jika kecelakaan dalam bekrja akan menimbulkan penyakit. Global colection adalah perusahaan yang bergerak dalam bidang konveksi. Perusahaan ini awalnya sangat menerapkan sistem k3 namun, beberapa karyawan tidak menganggap penting akan keselamatan kerja, seperti masker tidak semua karyawan mau menggunakan masker alasannya, panas, selain itu juga bernafas tidak lega, padahal masker sangat penting, sangat berguna sekali demi menjaga kesehatan.

sistem k3 sangat di butuhkan bagi karyawan yang bekerja di perusahaan manapun karena itu yang menjaga karyawan dalam bekerja banyak karyawan maupun perusahaan yang mengabaikan hal tersebut. Quality Control untuk memastikan kualitas barang pesanan sesuai dengan yang dipesan konsumen.

Sistem k3 tersebut sangat di terapkan di semua bagian-bagian sehingga resiko kecelakaan kerja sangat tipis sehingga dapat terhindar dari hal demikian kecelakaan yang sering diakibatkan dari kecelakaan kerja dapat berupa penyakit jangka panjang akibat dari ter hirup benang dari dalam kain tersebut. Oleh sebab itu sangat di butuhkan keselamatan pada pekerja tersebut.

Dalam hal keselamatan kerja pada konveksi ini tidak terlalu menerapkannya yang terpenting hanyalah pemberitahuannya saja seperti kabel-kabel listrik di tempatkan di tempat yang memang seharusnya seperti dibungkus jangan sampai kabel-kabel tersebut terbuka dapat berakibat tersengat arus listrik.

Bahaya-bahaya tersengat arus listrik sangat berbahaya oleh karena itu para karyawan di himbau untuk berhati-hati. Dalam menjahit pun juga sangat berhati-hati jangan sampai terjahit tangan nya jangan sampai ceroboh, dalam menggunakan benda-benda tajam pun juga harus sangat berhati-hati karena gunting atau jarum itu sangat berbahaya sekali.

K3 yang di terapkan pada konveksi ini tidak terlalu di junjung karena pegawainya sebagian besar sulit untuk menggunakan seperti masker mereka tidak mau menggunakan nya sangat sulit melakukan keselamatan kera tersebut.

                  Dalam menjalankan suatu bisnis usaha yang benar dan terarah, sangat di butuhkan adanya suatu sistem K3 (kesehatan dan keselamatan kerja) demi menunjang kesehatan dan keselamatan karyawan pada saat proses bekerja. Dan pada observasi yang telah di lakukan, sistem keselamatan pada bisnis konveksi busana di global collection menjadi tempat tujuan untuk di amati dalam penerapan K3. Karena dalam bisnis koveksi busana pasti akan banyak melibatkan kain yang bertumpuk dan berbagai mesin yang di gunakan, maka observasi di tempat ini akan dapat melihat langsung penerapan K3 di tempat yang mungkin beresiko dengan bahaya bahan tekstil di sekitarnya.

Selain pada penerapan sistem K3 di tempat konveksi busana, informasi pemasaran dan awal terselenggaranya bisnis konveksi juga menarik perhatian untuk di bahas dalam makalah ini. Karena bisnis yang dilakukan di global collection berada dalam satu lahan pembuatan, dan pemasaran bisnisnya.

           Maka dalam makalah ini, selain mengamati sistem K3 yang di terapkan juga akan membahas sistem pergerakan bisnis usaha konveksi di global collecction. 

Tentang k3tium

sehat dan bersemangat
Pos ini dipublikasikan di D3 Tabus 2012 Whinda Veronica, Dwi Astuti Sih Apsari dan tag . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s